kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45936,80   -3,96   -0.42%
  • EMAS1.110.000 -1,07%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jumlah tabungan di BTN dan CIMB Niaga tumbuh tipis


Senin, 02 Juli 2018 / 21:36 WIB
Jumlah tabungan di BTN dan CIMB Niaga tumbuh tipis
ILUSTRASI. Transaksi KPR BTN


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menyatakan, jumlah rekening tabungan di perbankan naik 3,3 juta dalam kurun waktu 1 bulan (April-Mei). Para bankir pun membenarkan hal ini.

Direktur PT Bank Tabungan Negara Tbk Budi Satria mengatakan per Maret 2018 tabungan BTN, Batara tumbuh 43,35% secara tahunan atau year on year (yoy). sedang secara keseluruhan Dana Pihak Ketiga (DPK) BTN tumbuh 23,54% yoy.

"Tumbuhnya tabungan ini didorong juga oleh program tabungan berhadiah yang kita sebut Super Untung Jaman Now, di mana dengan menabung dalam jumlah tertentu dan di lock selama periode tertentu, penabung bisa mendapatkan barang-barang impiannya. Jadi memang pertumbuhan tabungannya ada di atas pertumbuhan industri" tutur Budi kepada Kontan.co.id pada Senin (2/7).

Budi menilai kondisi ini terjadi bukanlah karena menariknya imbal hasil. Sebab imbal hasil tabungan masih kalah telak dengan bunga deposito. Budi yakin kondisi ini lantaran saat ini perbankan terus melakukan inovasi dalam mengembangkan produk tabungan yang berbasis transaksi pembayaran.

"Ambil contohnya BTN dengan BTN Mobile-nya yang dilengkapi dengan berbagai fitur yg menarik. Juga ada program -program pembelian e commerce," pungkas Budi.

Asal tahu saja, per Mei 2018 total tabungan yang dihimpun oleh BTN sebesar 39,23 triliun naik tipis dibandingkan Mei 2017 Rp29,07 triliun.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Direktur Dinsis Konsumer PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) Lani Darmawan yang menilai fenomena ini sebagai kebetulan semata. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi.

"Kelihatannya masyarakat belum belanja pinjaman dengan aktif. Bisa jadi karena faktor bunga yang dianggap naik. Untuk CIMB Niaga sendiri, kami fokus ke CASA untuk dana murah. Sejauh ini tabungan tumbuh year on year kisaran 10%," jelas Lani kepada Kontan.co.id.

Selain itu, semakin banyaknya pilihan produk tabungan didorong dengan kemampuan tim marketing sebagai faktor pendorong. Lani mencontohkan tabungan yang ditawarkan oleh CIMB Niaga seperti tabungan junior, tabungan indie untuk remaja. Juga ada tabungan pendidikan, usaha.

"Bahkan tabungan yang dikaitkan dengan KPR maupun dengan tujuan khusus seperti umrah maupun haji. Selain itu kami juga aktif di payroll dan cash management," kata Lani.

Asal tahu saja per Mei 2018 Bank CIMB Niaga sudah menghimpun tabungan sebesar Rp 48,9 triliun. Naik 8,09% secara tahunan lantaran di Mei 2017 tabungan yang terhimpun Rp 45,24 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×