kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45827,22   1,41   0.17%
  • EMAS1.035.000 -0,48%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.01%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.04%

Kemampuan bayar utang diragukan nasabah, begini respons KSP Indosurya


Senin, 13 Juli 2020 / 19:33 WIB
Kemampuan bayar utang diragukan nasabah, begini respons KSP Indosurya
ILUSTRASI. Suasana lobby kantor Koperasi Simpan Pinjam Indosurya

Reporter: Ferrika Sari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Para nasabah Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya Cipta masih ragu KSP Indosurya bisa membayarkan utang hingga Rp 15 triliun. Terlebih, pihak koperasi belum mau membuka laporan keuangan serta nilai aset jaminan di PT SUN International Capital kepada nasabah.  

Anggota tim kuasa hukum KSP Indosurya Rizky Dwinanto menyebut, pembayaran utang tersebut akan menggunakan dana dari koperasi. Salah satunya, menagih pinjaman nasabah senilai Rp 9 triliun berdasarkan laporan keuangan 2018.

Baca Juga: Utang KSP Indosurya tembus Rp 15 triliun

“Perlu dipahami bahwa yang mempunyai kewajiban adalah koperasi. Jadi koperasi yang akan bayar. Mengenai koperasi bagaimana cara, dan dari mana sumber dana untuk bayar, nasabah tidak perlu pusing karena akan tetap dibayar,” kata Rizky, Senin (13/7).

Adapun nilai Rp 9 triliun tidak seluruhnya untuk bayar utang ke nasabah. Sebagian besar akan digunakan untuk modal kerja agar bisnis koperasi tetap berjalan.

Selain itu, mendapatkan dana dari nasabah tetap yang masih percaya dan bersedia untuk menyimpankan uangnya ke koperasi. Namun, ia tidak mau menyebutkan siapa saja nasabah yang bersedia dan berapa nilai simpanan mereka.

“Apakah nasabah tetap mau disclose siapa saja? Mereka ternyata tidak mau disclose gitu. Jadi kita enggak usah muter-muter pertanyaannya, biar kami tetap dibayar,” katanya.

Selanjutnya, KSP Indosurya juga akan memberikan pinjaman baru dengan target Rp 1,2 triliun pada 2021. Hingga pada 2025, pinjaman yang digelontorkan ditargetkan mencapai Rp 4,4 triliun. Serta mengeluarkan produk KTA dan refinancing maupun commercial lending kepada UMKM.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×