kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45957,69   1,08   0.11%
  • EMAS1.028.000 1,08%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Kembangkan Super App, Bank Besar Terus Luncurkan Fitur-Fitur Baru


Selasa, 29 November 2022 / 23:03 WIB
Kembangkan Super App, Bank Besar Terus Luncurkan Fitur-Fitur Baru
ILUSTRASI. Bank-bank besar terus melakukan pengembangan pengembangan fitur-fitur baru


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - BALI. Bank-bank besar terus melakukan pengembangan pengembangan fitur-fitur baru dalam pengembangan layanan digitalnya sehingga menjadi SuperApp.

PT Bank CIMB Niaga Tbk misalnya, terus melengkapi fitur-fitur baru di layanan OCTO Mobile. Saat ini, hampir seluruh layanan keuangan sudah bisa dilakukan lewat layanan digital ini.

Head of Digital Banking, Branchless & Partnership CIMB Niaga Lusiana Saleh mengatakan, OCTO Mobile sedang dikembangkan agar menjadi super app dimana semua kegiatan terkait transaksi keuangan hingga lifestyle bisa dilakukan di platform ini.

"Kami siap memfasilitasi kebutuhan liburan masyarakat menjelang akhir tahun dengan mengoptimalkan fitur-fitur unggulan dari digital super app OCTO Mobile. Fitur-fitur tersebut dirancang untuk menemani seluruh tahapan perjalanan wisata nasabah sehingga semakin nyaman dan berkesan," kata Lusiana saat konferensi pers di Bali, Selasa (29/11).

Baca Juga: Jelang Akhir Tahun, OCTO Mobile Siap Manjakan Liburan Nasabah

Sebagai pelopor digital banking di Indonesia, CIMB Niaga terus melengkapi digital super app OCTO Mobile dengan segudang fitur terkini yang bisa digunakan nasabah untuk beragam kebutuhan terkait liburan.

Mulai dari tahap merencanakan liburan, membayar sewa penginapan dan kendaraan, belanja makan minum di restoran, beli oleh-oleh, hingga setelah liburan semua bisa dilakukan di OCTO Mobile.

“Bagi nasabah yang akan berwisata, bisa manfaatkan fitur Travel Concierge dari OCTO Mobile untuk memesan dan membayar tiket pesawat tujuan domestik maupun luar negeri. Menariknya, saat ini tersedia cashback hingga Rp300 ribu dengan mengikuti program yang disediakan, sehingga bisa menghemat biaya perjalanan,” ujar Lusi.

Menurut Lusi, OCTO Mobile juga bisa diandalkan bagi nasabah yang gemar wisata kuliner atau belanja. Nasabah bisa makan minum hingga puas di restoran dan belanja di supermarket/toko souvenir pilihan dengan melakukan pembayaran menggunakan fitur Scan QRIS OCTO Mobile. Uniknya, fitur Scan QRIS di OCTO Mobile dilengkapi empat pilihan sumber dana yaitu Tabungan, Kartu Kredit, Rekening Ponsel, dan Poin Xtra. 

Fitur Scan QRIS OCTO Mobile kini tidak hanya bisa digunakan di Indonesia, melainkan juga bisa dipakai nasabah yang berwisata ke luar negeri, khususnya pada merchant di Thailand, yang menerima QRIS cross border. Dalam waktu dekat fitur ini bisa digunakan di Malaysia, Singapura, dan Filipina menyusul telah ditandatanganinya MoU Bank Indonesia dengan bank sentral di tiga negara itu.

Melalui OCTO Mobile, selain bertransaksi nasabah juga bisa membuka tabungan, berinvestasi, membeli asuransi (termasuk asuransi perjalanan), hingga mengelola pinjaman.

Lusi menjelaskan, dengan kapabilitas OCTO Mobile yang mumpuni dan fitur yang lengkap, jumlah pengguna terus meningkat. Per 30 September 2022, OCTO Mobile telah memiliki 2,8 juta pengguna aktif. Transaksi yang dilakukan nasabah melalui OCTO Mobile juga terus meningkat, mencapai 139 juta transaksi, tumbuh sebesar 87,2% Year on Year (YoY). 

Baca Juga: Bank Besar Berlomba Mengejar Transaksi Digital Banking dari Nasabah

Hal ini diakui Lusi berkontribusi meningkatkan porsi transaksi dan akuisisi produk CIMB Niaga melalui kanal digital. Per 30 September 2022, porsi transaksi kanal digital termasuk di dalamnya melalui OCTO Mobile terus mengalami peningkatan, yaitu pengajuan cicilan Kartu Kredit sebesar 96%, pembukaan deposito (90%), penempatan reksa dana (85%), dan pembukaan tabungan (35%).

“Tentunya peningkatan tersebut menunjukkan antusiasme nasabah yang semakin tinggi dalam memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia di OCTO Mobile. Ke depan, seiring keberhasilan kami dalam meningkatkan platform teknologi dan keamanan OCTO Mobile, kami siap menghadirkan terobosan baru untuk mengangkat digital super app ini ke level selanjutnya,” imbuh Lusi.

Saat ini PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) juga tengah menyiapkan beragam fitur-fitur menarik yang mengedepankan pada ecosystem transaction di dalam BRImo. Oleh karenanya, BRI optimis transaksi digital melalui BRImo akan terus meningkat.

Hingga akhir Kuartal III 2022 BRI berhasil mencatatkan pengguna BRImo sebanyak 21,5 juta user atau tumbuh 73,4% yoy. Sementara itu, sepanjang Januari hingga September 2022 tercatat BRImo telah berhasil memproses 1,2 miliar transaksi finansial dengan volume transaksi mencapai Rp.1.807 triliun (tumbuh 110,9% yoy). 

BRI optimistis transaksi BRImo dapat mencapai Rp.2.500 triliun, hal ini disebut Sekretaris Perusahaan BRI, Aestika Oryza Gunarto tak lepas dari lebih dari 100 fitur di dalam BRImo yang terhubung dengan berbagai aggregator/biller terbaik.

"BRI juga memberikan killer features yang tentunya akan memberikan kemudahan dan kenyamanan bertransaksi. Adapun fiturnya adalah Digital Saving, Registrasi BRImo, Fast Menu, Tarik Tunai Tanpa Kartu dan Personal Financial Management," ungkap Aes.

BRI berkomitmen untuk terus menghadirkan layanan digital secara holistik untuk memenuhi kebutuhan nasabah melalui financial superapp milik BRI, BRImo. Peningkatan fitur akan terus dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kepuasan nasabah (customer centric).

"Ke depan, BRI telah menyiapkan fitur-fitur menarik yang bisa memenuhi kebutuhan nasabah secara sehari-hari. Beberapa ecosystem akan diintegrasikan ke aplikasi BRImo dengan berkolaborasi beberapa fintech besar di Indonesia. Nantinya fitur ecosystem tersebut akan menambah daya tarik baru pengguna BRImo untuk meningkatkan transaksi," imbuhnya.

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) juga menghadirkan BCA mobile dan myBCA adalah lini depan solusi digitalnya. Kedua layanan tersebut terus dikembangkan dengan fitur-fitur baru menyesuaikan dengan perkembangan gaya hidup dan tren digital.

Baca Juga: Simak Limit Transfer BCA Berdasarkan Transaksi dan Jenis Kartu ATM

"Banyak fitur-fitur baru yang akan kita tambahkan di BCA Mobile maupun myBCA. Tentu ini akan memperkaya kemampuan bertransaksi. Ekosistem juga kan terus kita perluas, untuk fitur Lifestyle BCA Mobile misalnya, kami sudah kerjasama dengan Blubird," kata Vera Eve Lim, Direktur Keuangan BCA.

Dia bilang, fitur yang penggunaannya tumbuh signifikan di masa pandemi adalah pembukaan rekening baru secara online, Cardless, QRIS, dan Lifestyle. 

MyBCA merupakan digital platform terbaru dari BCA dimana nasabah hanya memerlukan single user ID untuk dapat mengakses seluruh informasi rekening yang dimilikinya di BCA dengan menggunakan BCA ID. myBCA bisa diakses melalui aplikasi di smartphone ataupun melalui website di desktop. 

Melalui myBCA, nasabah dapat mengelola keuangan secara bijak karena dapat melakukan evaluasi atas perilaku keuangan pribadi melalui informasi konsolidasi rekening dan histori transaksi hingga lima tahun ke belakang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×