kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemenkop UKM dorong sinergi antar koperasi


Kamis, 26 Oktober 2017 / 22:53 WIB
Kemenkop UKM dorong sinergi antar koperasi


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Dessy Rosalina

KONTAN.CO.ID - SURABAYA. Kementerian Koperasi dan UKM melaksanakan pendampingan jaringan kerja sama antar usaha koperasi simpan pinjam.

Forum Komunikasi Advokasi Kerja Sama Antar Usaha Simpan Pinjam (USP) atau Koperasi Simpan Pinjam (KSP) digelar di Surabaya, Jawa Timur, sebagai salah satu upaya untuk mendorong pemberdayaan Koperasi dan UKM semakin baik dan berkualitas.

Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM Yuana Sutyowati di Surabaya, Kamis, mengatakan Koperasi Simpan Pinjam dan Unit Simpan Pinjam Koperasi secara kuantitas cukup besar di Indonesia namun pengelolaannya masih relatif sederhana.

"Fakta ini sejatinya memberikan peluang bagi KSP/USP untuk dapat mengembangkan kerja sama dengan membangun jaringan kerja sama usaha antar koperasi dan lembaga pembiayaan lainnya," kata Yuana melalui keterangan tertulis, Kamis (26/10).

Menurut dia, koperasi perlu bersinergi dalam bentuk kerja sama antar usaha KSP/USP koperasi sehingga diharapkan dapat saling mendukung dengan mengoptimalkan keunggulan sumber daya yang dimiliki masing-masing pihak.

Oleh karena itu, Kementerian Koperasi dan UKM melaksanakan pendampingan jaringan kerja sama antar usaha KSP/USP Koperasi untuk mendukung terbentuknya jaringan kerja sama sehingga dapat meningkatkan kualitas kinerja dan pelayanan KSP/USP.

Pada kesempatan yang sama juga dilakukan penandatanganan kesepakatan kerja sama antar usaha koperasi.

Selain itu data base KSP/USP Koperasi yang terbangun secara online akan memudahkan pemerintah pusat dan daerah dalam memfasilitasi dukungan terhadap gerakan KSP/USP Koperasi, baik untuk kepentingan regulasi, pembinaan, pengawasan, pendanaan, dan pengembangan sumber daya.

Hadir pada acara itu sebanyak 120 pengurus KSP/USP asal Jawa Timur dari 7600 KSP/USP yang tersebar di provinsi tersebut. 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×