kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45729,74   -6,98   -0.95%
  • EMAS963.000 3,44%
  • RD.SAHAM -0.69%
  • RD.CAMPURAN -0.34%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Koinworks dapat investasi seri B2 dari Saison Capital, bakal dipakai untuk apa?


Senin, 04 November 2019 / 18:15 WIB
Koinworks dapat investasi seri B2 dari Saison Capital, bakal dipakai untuk apa?
ILUSTRASI. CEO dan Co-founder KoinWorks Benedicto Haryono. Koinworks peroleh dana Investasi Seri B2 dari Saison Capital. KONTAN/Muradi/2019/07/28

Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Tendi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Lunaria Annua Teknologi atau Koinworks mengumumkan menerima pendanaan terbarunya dari Modal Ventura Jepang Saison Capital. Berkat investasi ini, Koinworks mengantongi total pendanaan yang diterima mencapai US$18,5 juta atau setara dengan Rp 190 miliar melalui pendanaan Seri B dan Seri B2.

KoinWorks menjadi portofolio pertama Saison Capital di Indonesia yang diyakini dapat memberikan layanan finansial bagi pelaku usaha unbanked and underbanked

Pendanaan terbaru ini akan difokuskan untuk mengembangkan produk finansial agar dapat membantu UKM digital maupun social commerce atau pelaku UKM yang memanfaatkan media sosial dalam menjalankan bisnisnya. Sehingga bisa mengakses pembiayaan untuk kebutuhan perkembangan bisnisnya. 

Baca Juga: Perbanas susun rekomendasi peta jalan industri keuangan

“Sebesar 65% Produk Domestik Bruto Indonesia disumbang dari para pelaku UKM dan sebesar 92% UKM di Indonesia telah memanfaatkan jaringan sosial dalam menjalankan bisnisnya. Hal ini membuat ekonomi digital RI menjadi yang tertinggi di kawasan Asia Tenggara," ujar Benedicto Haryono selaku CEO & Co-Founder KoinWorks dalam keterangan tertulis pada Senin (4/11).

"Ironinya, masih banyak para pelaku social commerce terkendala saat mendapatkan akses pembiayaan untuk pengembangan bisnis karena kurangnya kelengkapan dokumen, agunan, dan kelayakan bisnis dimata institusi finansial konvensional,” lanjut dia.

Merujuk kepada informasi di portal Koinworks, P2P lending ini sudah menyalurkan pinjaman sejak berdiri hingga Juli 2019 senilai Rp 1,16 triliun. Koinworks memiliki 3.281 peminjam perorangan dan 292 peminjam institusional.

Sebelumnya oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyatakan saat pelantikan lalu, bahwa salah satu fokus Pemerintahan ialah untuk memperkuat ekonomi digital RI dan menjadikan RI sebagai negara maju di tahun 2045 mendatang. 

Baca Juga: Hingga Agustus, Investree salurkan pinjaman syariah Rp 128 miliar

“KoinWorks bersedia menunjukkan komitmen yang seiring dengan fokus Pemerintahan RI. Dengan mendukung perkembangan kemudahan layanan keuangan terhadap UKM digital yang terus berkembang dan akan menjadi kontributor PDB terbesar di Indonesia. Memang tidak salah, kalau julukan KoinWorks adalah Pahlawan UKM digital di Indonesia” tambah Willy Arifin, Executive Chairman & Co-Founder KoinWorks.




TERBARU

Close [X]
×