kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45827,22   1,41   0.17%
  • EMAS1.040.000 1,17%
  • RD.SAHAM 0.09%
  • RD.CAMPURAN 0.02%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.02%

Kookmin bakal kuasai 67% saham Bank Bukopin secara bertahap


Selasa, 14 Juli 2020 / 13:17 WIB
Kookmin bakal kuasai 67% saham Bank Bukopin secara bertahap
ILUSTRASI. KB Kookmin Bank menjadi pembeli siaga dalam rights issue Bank Bukopin (BBKP).

Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Langkah KB Kookmin Bank untuk menjadi pemegang saham pengendali (PSP) di PT Bank Bukopin Tbk (BBKP) sudah di depan mata. Ini ditandai dengan keluarnya prospektus mengenai penambahan modal lewat penawaran umum terbatas (PUT) V dalam rangka penerbitan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) kepada para pemegang saham perseroan atas sebesar 4,66 miliar saham kelas B dengan nilai nominal Rp 100 per saham.

Dalam prospektus yang dirilis Selasa (14/7), HMETD Bukopin ini akan dibagikan kepada para pemegang saham Bukopin, dimana setiap pemilik 5 saham lama akan memperoleh 2 HMETD. Setiap 1 HMETD dapat digunakan untuk membeli 1 saham kelas B dengan membayar harga Rp 180.

Dengan asumsi seluruh HMETD terserap, maka Bukopin akan memperoleh dana segar sebesar Rp 838,93 miliar yang akan digunakan untuk pengembangan bisnis perusahaan.

Baca Juga: Targetkan dapat Rp 838,93 miliar, ini rencana penggunaan dana PUT V Bukopin

Dalam rights issue Bukopin kali ini, KB Kookmin Bank selaku pemegang saham utama (PSU) melalui surat pernyataan tertanggal 29 Juni 2020 menyatakan akan mengeksekusi 1,02 miliar HMETD yang akan diperoleh berdasarkan porsi kepemilikan PUT V ini.

Sementara itu, PT Bosowa Corporindo yang juga menjadi pemegang saham utama Bukopin bakal melaksanakan 1,09 miliar HMETD miliknya dalam PUT V ini. Adapun, dalam PUT V Bukopin kali ini KB Kookmin Bank akan bertindak sebagai pembeli siaga dan wajib membeli sisa saham hingga terserap habis.

Ditetapkannya Kookmin Bank sebagai pembeli siaga tidak lain merupakan salah satu upaya investor asal Korea Selatan tersebut untuk mengambil alih saham Bank Bukopin.

Rencananya, KB Kookmin memang akan mengambilalih porsi kepemilikan saham di Bank Bukopin sampai dengan 67% seluruh saham yang diterbitkan secara bertahap melalui serangkaian transaksi. "PUT V merupakan salah satu dari serangkaian transaksi pengambilalihan perseroan," tulis prospektus tersebut.

Baca Juga: Bukopin pastikan seluruh proses penawaran umum terbatas (PUT) V selesai Agustus 2020

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×