kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45889,80   -6,05   -0.68%
  • EMAS1.327.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kookmin Bank Makin Berambisi Garap Ekosistem di Indonesia, Buka Peluang Akuisisi?


Sabtu, 13 Mei 2023 / 06:45 WIB
Kookmin Bank Makin Berambisi Garap Ekosistem di Indonesia, Buka Peluang Akuisisi?


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Lembaga Keuangan asal Korea Selatan, KB Financial Group (KBFG) semakin ambisius untuk memperbesar gurita bisnisnya di Indonesia. Tak hanya sektor perbankan, sektor finansial lainnya juga diincar.

Seperti diketahui, saat ini KBFG  sudah memiliki 6 unit bisnis di Indonesia. Di antaranya adalah Bank KB Bukopin, KB Finansia Multifinance, KB Insurance Indonesia, KB Valbury Sekuritas, KB Data System Indonesia dan Sunindo KB Finance.

Head of Global Business Group KB Kookmin Bank Nam Hoon Cho mengungkapkan, dengan melihat potensi dari Indonesia, KBFG tidak hanya akan fokus pada perbankan melainkan bisnis lain di dunia finansial.

“Untuk bisa dikenal lebih di masyarakat Indonesia, usaha yang termasuk di dalamnya adalah akuisisi perusahaan-perusahaan finansial lain di Indonesia atau menambah strategic partner,” ujarnya.

Baca Juga: KB Financial Perkuat Cengkraman di Indonesia

Ia bilang bahwa jika dibandingkan dengan bisnis-bisnis KBFG di negara-negara ASEAN lainnya, pasar Indonesia menjadi yang paling terbesar bagi grup keuangan asal negeri ginseng tersebut.

Tak hanya itu, ia mengklaim menjadi perusahaan finansial asal Korea Selatan yang memiliki volume investasi paling besar di Indonesia.

Sayangnya, ia tak menyebut berapa jumlah investasi yang telah digelontorkan untuk mengakuisisi perusahaan Indonesia selama ini.

Sebagai catatan, saat ini Kookmin Bank memiliki saham dari Bank KB Bukopin sekitar 67%. Mereka pun berpeluang menambah kepemilikannya melalui rencana rights issue yang membidik dana sekitar Rp 12 triliun.

“Dalam rights issue ini, Kookmin akan berpartisipasi dalam jumlah yang sangat besar,” tambahnya.

Ia menambahkan bahwa melakukan ekspansi di Indonesia merupakan langkah yang tepat untuk saat ini. Dimana, ia melihat pusat perdagangan dunia akan bermuara di Indonesia.

Baca Juga: Kookmin Bank Semakin Ambisius Garap Ekosistem di Indonesia, Buka Peluang Akuisisi?

"Tidak hanya masalah lokasi tapi potensi penduduk yang banyak," ujarnya.

Salah satu sumber Kontan mengatakan bahwa rencana ekspansi selanjutnya yang akan dilakukan KBFG adalah mengakuisisi perusahaan asuransi yang nantinya asetnya akan digabung dengan KB Insurance Indonesia.

Hanya saja, perusahaan asuransi yang dibidik masih dirahasiakan.

Sebelumnya KBFG punya pengalaman mengakuisisi Prudential Life Insurance Korea pada Agustus 2020 senilai US$ 2 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×