kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kopra by Mandiri Hadirkan Kemudahan Layanan Buka Giro Tambahan Secara Online


Senin, 19 September 2022 / 11:31 WIB
Kopra by Mandiri Hadirkan Kemudahan Layanan Buka Giro Tambahan Secara Online
ILUSTRASI.


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Indah Sulistyorini

KONTAN.CO.ID - Rekening giro adalah produk perbankan yang merupakan simpanan dari nasabah perseorangan atau badan usaha. Selain dalam mata uang rupiah, nasabah juga dapat membuka giro dalam mata uang asing atau valas.

Umumnya badan usaha lebih memilih rekening giro ketimbang tabungan biasa karena fasilitasnya lebih mendukung kelancaran transaksi bisnis yang sangat aktif atau transaksi dalam volume dan nominal yang besar. Dana yang disimpan dalam giro dapat ditarik kapan saja menggunakan cek, bilyet giro, atau dokumen perintah pembayaran lainnya yang disetujui oleh pihak bank.

Cara membuka rekening giro cukup mudah. Nasabah perlu memberikan fotokopi identitas diri yang masih berlaku seperti KTP, SIM, atau paspor serta NPWP. Bagi badan usaha, dokumen yang perlu disiapkan antara lain Akta Pendirian yang sudah disahkan, Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan, surat pengesahan dari Menteri Kehakiman, dan surat domisili.

Baca Juga: Mandiri Global Trade Permudah Monitoring Arus Kas Bisnis Importir

Selain menyerahkan dokumen seperti yang dipersyaratkan, yang terpenting nasabah juga tidak boleh masuk dalam Daftar Hitam Bank Indonesia (DHBI). Setelah buka rekening giro, nasabah juga perlu mengecek kecukupan saldo sebelum mengeluarkan cek atau bilyet giro. Jika menggunakan cek tanpa saldo cukup di rekening giro, nasabah bisa masuk dalam DHBI yang disebarkan oleh Bank Indonesia ke seluruh bank di Indonesia.

Mudahnya buka giro online

Bagi nasabah Bank Mandiri, kini tersedia kemudahan pembukaan rekening giro tambahan secara online tanpa harus datang ke kantor cabang Bank Mandiri. Caranya, cukup dengan mengakses Portal Kopra by Mandiri dan mendaftarkan penambahan fitur Giro Online dengan mengisi formulir Aktivasi/Deaktivasi Fitur Giro Online.

Giro Online hanya dapat digunakan nasabah yang sudah memiliki akses ke layanan perbankan digital Kopra atau sudah memiliki user ID Kopra. Nasabah tidak perlu menyerahkan dokumen legalitas badan usaha lagi saat pembukaan rekening giro online, selama tidak ada perubahan pada dokumen terakhir yang telah diserahkan pada Bank Mandiri.

Di luar kriteria tersebut, nasabah perlu mendaftar terlebih dahulu ke salah satu layanan yang terdapat dalam Kopra seperti Mandiri Cash Management 2.0, Mandiri Financial Supply Chain Management, Mandiri Global Trade, dan Mandiri Smart Account. Melalui Giro Online, nasabah dapat membuka rekening Mandiri Giro Rupiah dan Mandiri Giro Valas jenis reguler.

Setelah memiliki User ID Kopra dengan fitur Giro Online, nasabah dapat mengisi formulir pembukaan rekening tambahan Portal Kopra by Mandiri. Proses verifikasi akan dilakukan melalui video call pada hari dan jam kerja. Jika lolos verifikasi, nasabah akan menerima informasi rekening giro yang telah dibuka.

Rekening yang dibuka melalui fitur Giro Online dapat langsung digunakan untuk menerima dana masuk (pengkreditan dana). Namun untuk melakukan transaksi (pendebetan dana), nasabah tetap perlu meminta cek/bilyet giro atau mendaftar layanan e-channel di mana rekening tersebut terbentuk.

Selain kemudahan proses pembukaan rekening, nasabah pengguna fitur Giro Online dapat menikmati program gratis biaya administrasi bulanan dan tarif khusus untuk transaksi payroll, SKN, dan RTGS yang dilakukan melalui layanan internet banking Mandiri Cash Management 2.0 (MCM 2.0). Periode program benefit ini hanya berlangsung hingga Desember 2022.

Program gratis biaya administrasi dapat diikuti oleh seluruh nasabah yang membuka rekening melalui Giro Online, sedangkan untuk program tambahan berupa tarif khusus dapat dinikmati oleh nasabah dengan kriteria tertentu yang ditetapkan Bank Mandiri.

Dalam program benefit ini, nasabah mendapatkan gratis biaya administrasi sebesar Rp25.000/ bulan / nasabah hingga akhir tahun 2022. Untuk program tambahan, tarif yang diberlakukan adalah pembebasan biaya (gratis) transaksi Payroll dan Sistem Kliring Nasional (SKN) dan Rp12.000 untuk RTGS.

Untuk kemudahan pembukaan rekening giro secara online, segera akses layanan perbankan digital Portal Kopra by Mandiri. Untuk informasi lebih lanjut hubungi Call Center 1500150 atau kopra.helpdesk@bankmandiri.co.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×