kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kredit internasional BNI tumbuh kencang


Selasa, 10 Februari 2015 / 18:14 WIB
Kredit internasional BNI tumbuh kencang


Reporter: Adhitya Himawan | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. Bank Negara Indonesia (BNI) berhasil mencatatkan pertumbuhan kredit internasional yang kencang pada akhir tahun lalu. Kondisi ini dipicu pertumbuhan offshore loan yang amat tinggi pada tahun lalu.

Berdasarkan laporan keuangan BNI akhir 2014, jumlah kredit internasional yang dikucurkan BNI meningkat dari Rp 7,23 triliun di 2013 menjadi Rp 10,08 triliun di 2014. Jumlah ini menunjukkan pertumbuhan sebesar 39,40% secara year on year (yoy).

Menurut Firman Wibowo, Pemimpin Divisi Internasional BNI, sesuai dengan strategi Kantor Cabang Luar Negeri (KCLN) BNI, pertumbuhan kredit internasional yang tinggi didominasi oleh Indonesian related asset. Termasuk di dalamnya, nasabah BNI di dalam negeri yang mendapatkan pembiayaan valas dan kemudian di bukukan di Kantor Cabang Luar Negeri atau biasa disebut sebagai offshore loan.

"Dalam kenyataannya, pertumbuhan offshore loan ini telah tumbuh sebesar Rp 3,35 triliun atau 164,2% secara yoy," kata Firman saat dihubungi KONTAN, Selasa (10/2).

Tahun ini, BNI tetap optimis dengan prospek kredit internasional yang disalurkan oleh KCLN BNI. Caranya dengan menjadikan Indonesia related tetap sebagai fokus utama bisnis bank. "Kami menargetkan tahun ini dari kredit internasional akan dapat tumbuh sebesar 17% secara yoy," ujar Firman.

Salah satu strategi yang akan dilakukan BNI adalah mendukung program pemerintah untuk meningkatkan daya dukung infrastruktur di dalam negeri, khususnya dalam pembiayaan proyek2 infrastruktur. Di samping itu BNI akan tetap fokus ke sektor-sektor yang selama ini menjadi andalan KCLN. "Mulai dariĀ  membiayai transaksi perdagangan (ekspor/impor) yang melibatkan nasabah dalam negeri dan supply chainnya di luar negeri. Dengan strategi ini, kami optimis target 2015 ini akan dapat tercapai," pungkas Firman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×