kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Laju Kredit dan DPK Perbankan Sama-sama Melambat pada Agustus


Minggu, 25 September 2022 / 15:18 WIB
Laju Kredit dan DPK Perbankan Sama-sama Melambat pada Agustus
ILUSTRASI. Nasabah menggunakan ATM di salah satu galeri ATM di Alam Sutra Tangerang, Rabu (14/10). /Pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/14/101/2020.


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Fungsi intermediasi perbankan masih terus melanjutkan pertumbuhan hingga Agustus 2022. Namun, pertumbuhannya sudah sedikit melambat dari bulan sebelumnya. 

Bank Indonesia (BI) mencatat kredit pada Agustus tumbuh 10,62% secara tahunan (year on year/YoY), ditopang oleh peningkatan di seluruh jenis kredit dan pada mayoritas sektor ekonomi. Sementara pada bulan Juli tercatat tumbuh 10,71% YoY. 

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, pemulihan intermediasi juga terjadi pada perbankan syariah, dengan pertumbuhan pembiayaan sebesar 18,7% (YoY) pada Agustus 2022. 

Dari sisi penawaran, berlanjutnya perbaikan intermediasi perbankan didukung oleh standar penyaluran kredit yang tetap longgar, seiring membaiknya appetite perbankan dalam penyaluran kredit terutama di sektor pertanian, industri, konstruksi, dan perdagangan.

Baca Juga: DPK Perbankan Melambat, Ini Penjelasan BI

"Dari sisi permintaan, peningkatan intermediasi ditopang oleh pemulihan kinerja korporasi dan rumah tangga yang terus berlanjut," kata Perry dalam paparan virtualnya, Kamis (22/9).

Kinerja korporasi tercermin dari tingkat penjualan dan belanja modal yang tetap tumbuh tinggi, terutama di sektor pertanian, pertambangan, industri, dan perdagangan, serta penerimaan pajak dari korporasi yang meningkat. 

Kinerja rumah tangga tercermin dari konsumsi dan investasi rumah tangga yang membaik sejalan dengan optimisme konsumen. Adapun pertumbuhan kredit UMKM tercatat sebesar 16,77% pada Agustus 2022, terutama didukung oleh segmen mikro

Sementara suku bunga perbankan menurut Perry masih dalam tren menurun. Di pasar dana, suku bunga deposito 1 bulan perbankan turun sebesar 44 bps menjadi 2,90% pada Agustus 2022 dari Agustus 2021. Di pasar kredit, suku bunga kredit menunjukkan penurunan 48 bps pada periode yang sama menjadi 8,94%. 

Dari sisi ketahanan sistem keuangan, khususnya perbankan, tetap terjaga baik dari sisi permodalan maupun likuiditas. Permodalan perbankan tetap kuat dengan rasio kecukupan modal (capital adequacy ratio/CAR) Juli 2022 tetap tinggi sebesar 24,86%. 

Seiring dengan kuatnya permodalan, risiko tetap terkendali yang tercermin dari rasio kredit bermasalah (non performing loan/NPL) pada Juli 2022 yang tercatat 2,90% (gross) dan 0,82% (neto). 

Baca Juga: Kredit Perbankan Masih Melaju hingga Agustus, Ini Pemicunya

BI mencatat Likuiditas perbankan pada Agustus 2022 tetap terjaga. Hal itu didukung pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) sebesar 7,77% (YoY), meskipun lebih rendah dibandingkan pertumbuhan pada Juli 2022 sebesar 8,59%.

Perry bilang, perlambatan DPK dikontribusikan oleh peningkatan konsumsi masyarakat, belanja modal korporasi, dan preferensi penempatan dana pada aset keuangan lain yang terindikasi dari nilai kepemilikan surat berharga negara (SBN). 

Hasil simulasi Bank Indonesia juga menunjukkan bahwa ketahanan perbankan masih terjaga. 

"Namun, sejumlah faktor risiko, baik dari sisi kondisi makroekonomi domestik maupun gejolak eksternal, tetap perlu diwaspadai potensi dampaknya pada laju pemulihan intermediasi ke depan," pungkas Perry.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×