kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Langkah Kookmin kuasai 67% saham Bukopin sudah di depan mata


Selasa, 14 Juli 2020 / 14:26 WIB
Langkah Kookmin kuasai 67% saham Bukopin sudah di depan mata
ILUSTRASI. Suasana pelayanan nasabah di kantor pusat Bank Bukopin, MT Haryono, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (30/6/2020).


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Bukopin Tbk (BBKP) berencana untuk melakukan Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMTHMETD).

Dalam keterbukaan informasi kepada pemegang saham, Selasa (14/7) aksi korporasi ini ditujukan dalam rangka perbaikan posisi keuangan dengan mengacu pada ketentuan yang diatur dalam POJK 14/2019.

Adapun, dalam PMTHMETD kali ini perseroan akan menerbitkan saham baru tanpa HMETD dengan jumlah sebanyak-banyaknya 22,24 miliar saham kelas B dengan nilai nominal Rp 100 per saham.

Saham tersebut merupakan 57,7% dari modal ditempatkan dan modal disetor perseroan setelah pelaksanaan Penawaran Umum Terbatas (PUT) V dan PMTHMETD.

Baca Juga: Kookmin bakal kuasai 67% saham Bank Bukopin secara bertahap

Ada beberapa alasan Bukopin melangsungkan aksi korporasi ini, antara lain tentunya untuk memperkuat kecukupan modal guna menjaga likuiditas dan mengembangkan usaha perusahaan.

"Perseroan merasa perlu untuk memperkuat struktur permodalan dalam rangka memperbaiki posisi keuangan Perseroan, termasuk meningkatkan likuiditas Perseroan," tulis manajemen.

Dalam aksi korporasi kali ini, KB Kookmin Bank telah besedia untuk menjadi pengambil bagian tunggal. Artinya, Kookmin akan mengeksekusi haknya di PUT V dan menadi pembeli siaga, lalu mengeksekusi PMTHMETD Bukopin.

"PMTHMETD meerupakan satu rangkaian transaksi perubahan pengendali perseroan yang menyebabkan KB Kookmin Bank akan menjadi pemegang saham pengendali (PSP) perseroan," lanjut keterbukaan tersebut.

Singkatnya, Bank Bukopin memang akan melakukan aksi korporasi sampai kepemilikan saham KB Kookmin Bank di Bukopin menjadi 67% dari seluruh jumlah saham yang diterbitkan.

Untuk memuluskan rencana PMTHMETD ini Bukopin akan menggelar RUPS-LB pada 25 Agustus 2020 mendatang, untuk meminta persetujuan pemegang saham.

Baca Juga: Targetkan dapat Rp 838,93 miliar, ini rencana penggunaan dana PUT V Bukopin




TERBARU

[X]
×