kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45693,86   4,52   0.66%
  • EMAS909.000 -0,87%
  • RD.SAHAM 0.85%
  • RD.CAMPURAN 0.47%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.24%

Lebih praktis, kini bayar zakat dan sedekah di Lazismu bisa via GO-PAY


Rabu, 20 Maret 2019 / 09:59 WIB
Lebih praktis, kini bayar zakat dan sedekah di Lazismu bisa via GO-PAY

Reporter: Nur Qolbi | Editor: Yoyok

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Fintech pembayaran digital GO-PAY bekerja sama dengan Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah Muhammadiyah (Lazismu). Dengan begitu, masyarakat dapat memberikan zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) via QR code GO-PAY.

Lazismu menjangkau seluruh wilayah Indonesia, dari tingkat kota sampai tingkat Rukun Tetangga (RT). Pengguna GO-PAY dapat memberikan ZIS kepada lebih dari 400 panti asuhan, 7.000 masjid dan, 500 cabang Lazismu. Digitalisasi ini juga akan berlanjut ke ekosistem Lazismu yang lain seperti institusi pendidikan, koperasi, dan unit usaha lainnya.


SVP Marketing GO-PAY Galuh Chandra Kirana mengatakan, dengan metode pindai QR GO-PAY, penyaluran donasi bakal lebih cepat. Alasannya, donasi tersebut akan langsung masuk ke rekening Lazismu. Transformasi digital ini juga dinilai dapat meningkatkan jumlah donasi yang diterima.

QR code yang tersedia meliputi berbagai kota di Indonesia dengan kode yang berbeda setiap wilayahnya. "Dengan begitu, masyarakat bisa memilih kota tujuan mereka berdonasi," kata Galuh dalam keterangan tertulisnya, Selasa (19/3).

Sementara itu, Direktur Utama Lazismu Hilman Latief mengatakan, kerja sama ini adalah cara baru untuk mempermudah masyarakat berdonasi. “Digitalisasi ekosistem ini juga dapat meningkatkan transparansi kami sebagai lembaga zakat nasional,” ucap Hilman. Ia menambahkan, donasi melalui GO-PAY yang sudah terkumpul akan dimanfaatkan untuk program-program pendistribusian dan pendayagunaan Lazismu.

Ke depannya, lembaga ini bakal terus mendorong inovasi kemudahan zakat melalui berbagai layanan digital. Mulai dari digital banking, e-commerce maupun financial technology (fintech). Dengan begitu, layanan zakat dapat makin mudah dijangkau.

Proses digitalisasi seluruh ekosistem Lazismu dicanangkan selesai pada Desember 2019. LazisMu pertama kali memanfaatkan teknologi QR code GO-PAY pada Oktober 2018 untuk penggalangan dana bantuan bencana di Palu dan Donggala.

Sebelumnya, GO-PAY juga bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) sebagai saluran sedekah digital. Sejak April 2018 hingga Februari 2019, GO-PAY telah membantu mengumpulkan Rp 13 miliar donasi dari sekitar 131.000 donatur.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×