kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

LPDB KUMKM optimistis salurkan dana Rp 1,2 triliun hingga akhir 2018


Senin, 10 September 2018 / 18:24 WIB

LPDB KUMKM optimistis salurkan dana Rp 1,2 triliun hingga akhir 2018
ILUSTRASI. LPDB KUMKM Kemenkop UKM

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) tahun ini menargetkan dana yang terserap sebesar Rp 1,2 triliun. Namun, sampai saat ini dana yang terserap baru 12%.

Braman Setyo, Direktur Utama LPDB-KUMKM menjelaskan, realisasi yang masih kecil karena selama semester I terfokus pada moratorium penyaluran. Ia bilang moratorium tersebut dilakukan karena ingin ada perubahan. "Tentunya di regulasi dan sumber daya manusia," ujarnya di Jakarta, Senin (10/9).


Braman bilang, untuk regulasi melingkupi SOP, petunjuk teknis, maupun pedoman kerjanya. Hal tersebut guna membantu untuk penyaluran, untuk memperjelas langkah-langkah yang diambil selanjutnya. Menurutnya hal tersebut penting dilakukan karena menggunakan dana APBN.

"APBN beda dengan perbankan. Perbankan itu urusannya perdata, sedangkan APBN urusannya pidana. Oleh sebab itu, kami harus hati-hati dalam menetapkan langkah-langkah," terangnya.

Sedangkan untuk sumber daya manusia ia bilang sudah dilakukan dengan assesment yang telah dilakukan dan tinggal menempatkan pejabat-pejabat sesuai kompetensinya.

Bila dirinci, target penyaluran dana sebesar Rp 1,2 triliun tersebut terbagi menjadi dua yaitu konvensional dan syariah. Untuk konvensional, dana yang terserap ditargetkan sebesar Rp 750 miliar. Sedangkan untuk syariah ditargetkan dapat disalurkan sebesar Rp 450 miliar.

Dengan sisa waktu yang tak banyak, Braman  tetap optimistis bisa mencapai target penyaluran dana sampai akhir tahun nanti. "Kami tetap optimistis walaupun tersisa empat bulan," tuturnya. 

LPBD-KUMKM juga telah menyiapkan strategi antara lain dengan bekerjasama dengan perbankan.

Ia bilang, pebisnis UKM tidak perlu khawatir untuk meminta saluran dana melalui perbankan. Hal tersebut lantaran batas atas bunga sudah ditetapkan, yaitu sebesar 9,5%.

Selain bekerjasama dengan perbankan, adapula melalui program acara Indonesia Syariah Fair (INSYAF). Diharapkan melalui acara tersebut dapat menggaet 100 UKM untuk menyalurkan dana syariah.

Sejak dibentuk pada 2006 silam, LPDB-KUMKM telah bermitra dengan 4.300 koperasi di seluruh Indonesia, 1.014.078 UKM dan telah menyerap 1.847.787 tenaga kerja dengan total dana tersalur sebesar Rp 8,5 triliun.


Reporter: Sugeng Adji Soenarso
Editor: Herlina Kartika
Video Pilihan


Close [X]
×