kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45845,50   -13,12   -1.53%
  • EMAS1.342.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mau Ikut Selamatkan Bumi? Buka Tabungan Bebas Biaya Ini untuk Kurangi Emisi Karbon


Jumat, 14 Juni 2024 / 11:24 WIB
Mau Ikut Selamatkan Bumi? Buka Tabungan Bebas Biaya Ini untuk Kurangi Emisi Karbon
ILUSTRASI. Bank J Trust: Pelayanan nasabah di Bank J Trust, Jakarta, Senin (20/5). KONTAN/Baihaki/20/5/2024


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Kolaborasi perbankan dan pegiat lingkungan menghasilkan inovasi mengatasi dampak perubahan iklim. Melalui kerja sama tersebut, dengan buka tabungan bebas biaya, nasabah dapat terlibat mengurangi emisi karbon.

Emisi atau pelepasan karbon ke atmosfer merupakan penyebab utama perubahan iklim. Pelepasan karbon yang berlebihan membuat bumi makin panas dan mengakibatkan cuaca ekstrem, sehingga berdampak pada berbagai aspek kehidupan manusia.

Mengurangi emisi karbon merupakan cara tercepat menangkal dampak perubahan iklim. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan pelepasan karbon, seperti menggunakan transportasi umum, memilah sampah, dan mengolah sampah organik menjadi kompos, hingga melestarikan lingkungan hidup. Gerakan ini tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi juga seluruh lapisan masyarakat.  

Dari sektor jasa keuangan, J Trust Bank menunjukkan komitmennya terhadap pelestarian lingkungan hidup dan pengurangan emisi karbon dengan menghadirkan TORA Green Savings. Dalam program yang berlangsung selama 22 April 2024—21 April 2025 ini, J Trust Bank mengajak nasabah baru dan nasabah eksisting untuk terlibat langsung mendanai proyek pelestarian lingkungan.

Nasabah yang membuka tabungan bebas biaya, yaitu Tabungan TORA, dalam program ini akan memperoleh suku bunga 3,50% per tahun (p.a). Dari suku bunga tersebut, sebesar 3,00% p.a akan dikreditkan ke rekening nasabah dan 0,5% p.a akan didonasikan dalam penanaman mangrove Nasabah harus menempatkan tabungan awal minimum Rp500.000 dan menjaga saldo minimum Rp100.000 untuk mengikuti program TORA Green Savings.

Mangrove berperan penting dalam mengurangi emisi karbon karena dapat menyerap karbon dioksida dan mengubahnya menjadi karbon organik. Kemampuan mangrove menyimpan karbon lebih tinggi dibandingkan dengan hutan tropis. Bersama dengan rawa pasang surut dan lamun, mangrove merupakan salah satu ekosistem penyimpan karbon di pesisir dan laut sehingga kerap disebut karbon biru.

J Trust Bank melaksanakan kegiatan penanaman mangrove bekerja sama dengan CarbonEthics, organisasi lingkungan yang termasuk pelopor konservasi karbon biru di Indonesia. Dari setiap Rp25.000 dana yang terkumpul, CarbonEthics akan menanam satu pohon mangrove di salah satu wilayah kerjanya.

CarbonEthics akan melakukan penanaman mangrove di akhir periode program TORA Green Savings atau jika dana telah terkumpul untuk menanam minimum 500 pohon mangrove. CarbonEthics juga berkomitmen mengganti pohon mangrove yang mati dalam waktu tiga tahun sejak penanaman, kecuali disebabkan bencana alam. Nasabah J Trust Bank bisa melihat laporan perkembangan mangrove yang ditanam selama tiga tahun melalui www.jtrustbank.co.id.

Selain terlibat dalam kegiatan pelestarian lingkungan, nasabah yang mengikuti program TORA Green Savings dapat turut menikmati manfaat dari berbagai keunggulan Tabungan TORA.

Keunggulan utama Tabungan TORA sebagai tabungan bebas biaya adalah membebaskan biaya administrasi bulanan kepada nasabah. Tak hanya itu, Tabungan TORA juga memberikan banyak kebebasan lain, di antaranya bebas biaya transfer antarbank online, SKN, RTGS, dan BI FAST melalui internet banking dan mobile banking sebanyak 10 kali per bulan untuk setiap channel transfer, serta bebas biaya tarik tunai di jaringan ATM Bersama dan Prima maksimum empat kali per hari.

Segera buktikan aksi nyata Anda demi bumi melalui buka tabungan bebas biaya di program TORA Green Savings dari J Trust Bank. Untuk informasi selanjutnya kunjungi kantor cabang J Trust Bank terdekat, mengakses www.jtrustbank.co.id, atau hubungi Ask J 1500 615.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×