kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45725,83   16,46   2.32%
  • EMAS914.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.55%
  • RD.CAMPURAN 0.20%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Meski ada corona, bank daerah tetap targetkan kinerja tumbuh double digit tahun ini


Jumat, 28 Februari 2020 / 20:08 WIB
Meski ada corona, bank daerah tetap targetkan kinerja tumbuh double digit tahun ini
ILUSTRASI. Pelayanan nasabah di Bank Jabar Banten (BJB), Jakarta

Reporter: Anggar Septiadi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penyebaran virus corona dan sejumlah sentimen negatif terhadap ekonomi nasional tak bikin bank daerah pasang target kinerja mini tahun ini. Sebaliknya, mereka masih optimistis kinerja tahun ini bisa tumbuh double digit.

Direktur Utama PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJBR) Yuddy Renaldy misalnya menargetkan tahun ini bisa meraih pertumbuhan kredit 10%-11%.

Baca Juga: Cuma tumbuh 0,8%, laba Bank BJB tahun 2019 stagnan

“Segmen konsumer masih akan jadi fokus kami, namun kami juga akan mulai ekspansi ke korporasi dan komersial untuk memperkuat kredit produktif. Saat ini porsi kredit produktif kami ada di kisaran 25% dari total portofolio dimana utamanya berasal dari proyek infrastruktur pemerintah,” katanya saat paparan di Jakarta, Jumat (28/2).

Tahun lalu, kinerja BJBR sejatinya belum optimal. Laba BJBR cuma tumbuh 0,8% (yoy) dari Rp 1,55 triliun pada 2018 menjadi Rp 1,56 triliun pada tahun lalu.

Yuddy optimistis target ini bisa tercapai sebab segmen konsumer yang jadi tumpuan utama perseroan masih akan prospektif tahun ini. Tahun lalu, BJBR mencatat penyaluran kredit Rp 81,8 triliun dengan pertumbuhan 8,7% (yoy). Sementara segmen konsumer yang jadi penopang tersalurkan Rp 56,30 triliun dengan pertumbuhan 9,2% (yoy).

Dari aspek pendanaan, Yuddy bilang perseroan juga punya likuditas yang mumpuni untuk menunjang ekspansi. Bank BJB juga baru saja merilis obligasi subordinasi Rp 500 miliar.

“Kami masih ada sisa penerbitan obligasi Rp 500 miliar yang rencananya akan diterbitkan pada kuartal III-2020. Dana sepenuhnya akan kami pakai untuk menopang ekspansi,” sambungnya.

Direktur Pemasaran PT Bank Sumatera Selatan dan Bangka Belitung Antonius Argo Prawiro juga optimistis tahun ini kinerja perseroan masih dapat tumbuh double digit. Adapun tahun lalu, perseroan tercatat meraih laba bersih senilai Rp 489 miliar dengan pertumbuhan 9,3% (yoy).

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×