kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45861,67   -2,73   -0.32%
  • EMAS1.368.000 0,59%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mitra Strategis dalam Bancassurance Bank Artha Graha Internasional dan Tokio Marine


Jumat, 16 Februari 2024 / 16:33 WIB
Mitra Strategis dalam Bancassurance Bank Artha Graha Internasional dan Tokio Marine
ILUSTRASI. Bank Artha Graha Internasional dan Tokio Marine Life Insurance Indonesia berkolaborasi untuk memberikan solusi finansial yang lebih holistik dan terintegrasi kepada nasabah.


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Indah Sulistyorini

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA, 16 Februari 2024. Bank Artha Graha Internasional (BAGI) dan Tokio Marine Life Insurance Indonesia (Tokio Marine Life) melakukan kerja sama strategis pada akhir Januari 2024 lalu untuk mengembangkan jalur distribusi Bancassurance. Terjalinnya kerja sama ini diharapkan dapat menciptakan sinergi yang memberikan keuntungan signifikan bagi nasabah melalui produk TM Legacy Protection dan TM Idaman.

Menyikapi kemitraan ini, Handoyo Soedirdja, Direktur Bank Artha Graha Internasional, menyatakan, "Bank Artha Graha Internasional menyambut baik kerja sama ini. Kami percaya bahwa kerja sama ini adalah langkah inovatif yang dapat memberikan dampak positif besar kepada nasabah kami."

Dengan mengintegrasikan produk asuransi ke dalam layanan perbankan, BAGI berusaha memberikan pengalaman bertransaksi yang lebih terpadu bagi nasabah. Handoyo menambahkan, "Kerja sama ini bukan hanya tentang menjual produk, tetapi juga tentang membantu nasabah meraih keamanan finansial secara menyeluruh."

Lebih lanjut, Handoyo menjelaskan, "Kami percaya bahwa kolaborasi ini tidak hanya memberikan nilai tambah finansial, tetapi juga merupakan langkah kami untuk aktif memberikan informasi dan edukasi kepada nasabah mengenai perlindungan asuransi, risiko keuangan, dan bagaimana produk asuransi yang ditawarkan oleh Tokio Marine Life dapat menjadi bagian integral dari perencanaan keuangan nasabah."

Berdasarkan data dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), kanal distribusi bancassurance tetap menjadi kontributor terbesar pada pendapatan premi hingga kuartal III-2023. Ketua Dewan Pengurus AAJI, Budi Tampubolon, menyatakan bahwa bancassurance berhasil menyumbangkan pendapatan premi sebesar Rp 56,08 triliun atau sekitar 43% dari total pendapatan premi dari seluruh kanal distribusi asuransi jiwa.

Sementara itu, laporan penelitian dari IMARC Group pada September 2023 lalu mengenai Bancassurance Market: Global Industry Trends, Share, Size, Growth, Opportunity and Forecast 2023-2028 menerangkan bahwa ukuran pasar bancassurance global mencapai US$ 1.354 miliar pada tahun 2022. Ke depan, pasar ini diperkirakan akan mencapai US$ 1.888 miliar pada tahun 2028, menunjukkan tingkat pertumbuhan (CAGR) sebesar 5,6% selama periode 2023-2028. Asia Pasifik, termasuk Indonesia akan mendominasi kawasan ini karena ekspansi ekonomi yang cepat, dengan perkiraan peningkatan pangsa pasar bancassurance. Kawasan ini mendominasi pasar karena jumlah penduduk yang besar, ekspansi ekonomi yang cepat, dan peningkatan kesadaran terhadap produk-produk asuransi. Sementara menurut McKinsey Global Institute, Indonesia diproyeksikan akan menjadi salah satu dari tujuh ekonomi terbesar di dunia, dengan 71% dari penduduk berada di kota yang menghasilkan 86% dari Produk Domestik Bruto (PDB) pada tahun 2030.

Tham Chee Kong, Presiden Direktur Tokio Marine Life, menyampaikan optimisme terkait pertumbuhan Bancassurance ke depan. "Kami melihat pertumbuhan bancassurance sebagai peluang besar di Indonesia. Dengan pangsa pasar yang besar dan pertumbuhan yang positif, kami berkomitmen untuk terus memberikan solusi perlindungan asuransi terbaik kepada nasabah bersama BAGI."

BAGI dan Tokio Marine Life mengawali Kerjasama ini dengan menawarkan 2 (dua) produk unggulan bancassurance yang komprehensif, yaitu TM Legacy Protection dan TM Idaman.

TM Legacy Protection merupakan produk perencanaan warisan dan persiapan pensiun yang mampu mencakup hingga tiga generasi dengan imbal hasil menarik setiap tahunnya. Sedangkan TM Idaman merupakan produk tradisional yang memiliki masa pertanggungan fleksibel dan memberikan manfaat uang pertanggungan yang signifikan baik ketika nasabah masih hidup di akhir masa pertanggungan, maupun ketika nasabah meninggal dunia.

Produk-produk ini mencerminkan komitmen Tokio Marine Life untuk memberikan solusi asuransi jiwa inovatif dan relevan. Harapannya, produk-produk ini dapat memberikan nilai tambah yang signifikan bagi nasabah BAGI, membantu mereka merencanakan masa depan mereka dengan lebih baik.

“Saluran distribusi Bancassurance Tokio Marine Life sendiri mencatat pertumbuhan sekitar 20% year-on-year (yoy), mencerminkan penerimaan positif terhadap produk-produk yang ditawarkan dapat memenuhi kebutuhan nasabah yang terus berkembang,” Tham Chee Kong menambahkan.

Komitmen bersama, BAGI dan Tokio Marine Life menciptakan fondasi kuat untuk pertumbuhan berkelanjutan dalam industri bancassurance di Indonesia serta memberikan manfaat yang nyata bagi nasabah agar dapat membantu masyarakat Indonesia untuk lebih memahami pentingnya perlindungan asuransi dalam perencanaan keuangan mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×