kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45894,81   -13,73   -1.51%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mudahkan Layanan Kustodian, BRI Kenalkan Inovasi Terbaru BRIFrens Kustodian


Senin, 04 Desember 2023 / 17:49 WIB
Mudahkan Layanan Kustodian, BRI Kenalkan Inovasi Terbaru BRIFrens Kustodian
ILUSTRASI. Kontan - BRI Kilas Online


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau BRI meluncurkan inovasi digital terbarunya bernama BRIFrens Kustodian. Inovasi ini merupakan portal layanan berbasis web yang dapat diakses secara langsung oleh nasabah Kustodian BRI untuk melakukan transaksi secara nyaman dan aman melalui situs https://brifrens.bri.co.id.

SEVP Treasury & Global Services BRI Achmad Royadi mengungkapkan, BRIFrens Kustodian hadir sebagai wujud komitmen BRI dalam menjalankan transformasi digital melalui digitalisasi layanan perbankan dan investasi di Indonesia. Inovasi ini diharapkan dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi nasabah dalam transaksi perbankan, khususnya jasa kustodian.

“Kami harapkan pemegang surat berharga dapat lebih cepat dan mudah dalam mengakses layanan jasa Kustodian BRI melalui BRIFrens Kustodian. Saat awal pendaftaran nasabah dapat mengatur sendiri kewenangan untuk user maker, checker, dan signer serta dikelola sendiri oleh pihak nasabah,” imbuh Achmad.

Baca Juga: Traveling Makin Nyaman, Transaksi di Singapura Bisa Pakai QRIS BRImo dari BRI

Melalui layanan BRIFrens Kustodian, nasabah tidak perlu mengirim instruksi transaksi melalui surat fisik. Nantinya nasabah dapat menunjuk maker (orang yang ditunjuk nasabah untuk melakukan instruksi transaksi) dan cukup mengunggah data di BRIFrens Kustodian.

Kemudian, checker (orang yang ditunjuk nasabah untuk memverifikasi transaksi yang dilakukan oleh maker) melakukan verifikasi. Terakhir, transaksi tersebut kemudian diproses dan diterima oleh signer (pejabat bank yang memiliki wewenang untuk mengesahkan transaksi).

Dalam layanan BRIFrens Kustodian, Achmad mengungkapkan BRI menggunakan verifikasi dua langkah atau two factor authentication menggunakan kode one time password (OTP) kepada email signer.

Selain keamanan yang tinggi, Achmad menambahkan BRIFrens Kustodian turut memberikan kenyamanan kepada nasabah berupa user friendly website, kepraktisan pengiriman instruksi transaksi melalui mekanisme upload, kemudahan mengakses permintaan (inquiry) transaksi, serta mengunduh laporan portofolio yang dibutuhkan para nasabah pemegang surat berharga seperti laporan portfolio valuation, portfolio transaction, accrual interest, invoice, fitur monitoring portfolio dan semua aktivitas terkait corporate action.

Berbagai fitur dan layanan BRIFrens Kustodian juga akan terintegrasi dalam aplikasi layanan nasabah korporasi terpadu BRI bernama Qlola. Pengintegrasian ini akan memudahkan nasabah korporasi dalam mengakses berbagai produk dan layanan BRI dengan satu kali masuk (Single Sign On).

Baca Juga: Dua Dekade Saham BRI (BBRI) Resmi Go Public, Harganya Naik 61,5 Kali Lipat

Sebagai informasi, aset kelolaan Bank Kustodian BRI telah menembus Rp1.000 triliun hingga akhir Agustus 2023. Peningkatan aset kelolaan ini didukung dengan pertambahan jumlah kerjasama baru dan pertumbuhan aset kelolaan dari nasabah existing (perpanjangan).

Berdasarkan catatan Kontan.co.id, angka ini mengalami kenaikan yang signifikan dibandingkan posisi aset kelolaan Bank Kustodian BRI di akhir tahun 2022 yaitu Rp555 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×