kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mudahnya Transaksi Jasa Kepelabuhan dengan Layanan Perbankan Digital Kopra by Mandiri


Selasa, 31 Mei 2022 / 10:35 WIB
Mudahnya Transaksi Jasa Kepelabuhan dengan Layanan Perbankan Digital Kopra by Mandiri
ILUSTRASI.


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Indah Sulistyorini

KONTAN.CO.ID - Sebagai salah satu prasarana transportasi, pelabuhan memiliki peran strategis karena menghubungkan satu daerah dengan yang lainnya, bahkan antarnegara. Secara ekonomi, pelabuhan berfungsi sebagai salah satu penggerak roda perekonomian dengan menjadi fasilitas yang memudahkan distribusi hasil produksi.

Fungsi dan layanan yang disediakan pelabuhan sebagai pusat kegiatan ekonomi sangat beragam. Dua layanan utama pelabuhan meliputi layanan barang dan layanan kapal. Layanan barang atau container berupa fasilitas bongkar muat mulai dari kapal hingga penyerahan ke pemilik barang. Layanan container terbagi menjadi beberapa jasa antara lain jasa dermaga umum, dermaga khusus, jasa penumpukan, dan jasa gudang.

Sedangkan layanan kapal merupakan jasa kegiatan operasional, mulai dari masuk hingga keluar pelabuhan. Layanan kapal umumnya meliputi jasa tambat, jasa pandu, jasa tunda, serta jasa pelayanan air, sampah, dan limbah.

Bila diperinci, jasa tambat merupakan servis yang diberikan bagi kapal yang berlabuh ke dermaga untuk kebutuhan bongkar muat barang. Lalu jasa tunda, layanan yang diberikan kapal tunda untuk mendorong atau menarik kapal menuju atau keluar dari dermaga. Kemudian jasa pelayanan air, sampah, dan limbah adalah jasa yang disediakan pelabuhan untuk kebutuhan pengelolaan air, sampah hingga limbah kapal.

Sebelumnya, pengguna jasa kepelabuhan hanya bisa membayar jasa container secara tunai. Begitu pula pembayaran proses kegiatan sandar kapal, bongkar muat, atau jasa pandu kapal yang mengharuskan pengguna dana melakukan deposit. Ketentuan ini praktis membuat pengguna jasa pelabuhan terhambat melakukan pembayaran karena ketidaktersediaan uang tunai. Apalagi, transaksi pembayaran di pelabuhan juga kerap membutuhkan dana jumbo.

Pun, kondisi ini menyebabkan transaksi jasa kepelabuhan membutuhkan waktu antrean bongkar muat yang lebih lama. Di sisi lain, penggunaan uang tunai turut mengakibatkan perusahaan-perusahaan logistik kesulitan mengelola beban biaya operasional yang berhubungan dengan layanan jasa kepelabuhan.

Untuk menjawab kebutuhan transaksi pembayaran jasa kepelabuhan yang lebih mudah dan efisien, Bank Mandiri menghadirkan Mandiri Port Solutions yang terdiri dari Mandiri Debit Port Community Card, Mandiri Autocollection Host to Host (H2H) dan Mandiri Port Value Chain Financing.

Mandiri Auto Collection H2H hadir dengan memberikan layanan terparu yang dapat memberikan solusi bagi Pengguna Jasa Kepelabuhanan dalam melakukan pembayaran kepada Port/Terminal Operator (Seperti Pelindo) melalui otomasi pemindahan dana sesuai tagihan secara realtime, dan online. Sedangkan, Mandiri Debit Port Community Card mampu memudahkan pembayaran jasa kepelabuhan dengan kartu debit khusus yang hanya bisa digunakan di wilayah kepelabuhan serta dengan limit transaksi yang disesuaikan. Tidak hanya itu, Mandiri Port Value Chain Financing merupakan fasilitas pembiayaan bagi pengguna jasa kepelabuhanan atau vendor Port Operator.

Untuk melengkapi solusi transaksi digital dan mendukung terciptanya cashless society khususnya di sektor kepelabuhanan, Bank Mandiri telah menghadirkan layanan transaksi digital terbaru segmen wholesale bertajuk Kopra by Mandiri.

Wholesale Digital Super Platform Kopra by Mandiri sudah dilengkapi dengan fitur digital single access platform, untuk mempermudah aktivitas informasi dan transaksi finansial bagi ekosistem bisnis para pelaku usaha di segmen wholesale, secara end-to-end, beserta value chainnya dari hulu ke hilir.

Kopra by Mandiri hadir dengan menyediakan layanan yang dapat mengintegrasikan seluruh kebutuhan transaksi wholesale ke dalam satu platform secara single sign on (SSO). Fitur ini secara praktis memudahkan nasabah Bank Mandiri dalam mengakses digital portal existing, seperti Mandiri Cash Management (MCM) 2.0, Forex Transaction, Value Chain Financing, Trade Finance, Smart Account, hingga Online Custody.

Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan nasabah wholesale, Kopra by Mandiri menawarkan layanan digital yang terbagi menjadi tiga varian, yaitu Kopra Portal, Kopra Host to Host, dan Kopra Partnership.

Kopra by Mandiri ini  melengkapi solusi transaksi digital yang ada saat ini khususnya di industri pelabuhan. Pengguna dan penyedia jasa layanan kepelabuhan baik itu port operator, perusahaan bongkar muat, shipping lines, maupun consignee dapat ikut merasakan kemudahan pembayaran serta pembiayaan jasa kepelabuhan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Mandiri Port Solutions dan Kopra by Mandiri, nasabah Bank Mandiri dapat segera mengunjungi bankmandiri.co.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×