kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.326.000 1,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Multifinance adu bunga murah di pameran mobil


Selasa, 25 September 2012 / 07:44 WIB
Multifinance adu bunga murah di pameran mobil
ILUSTRASI. Suasana kafe yang melayani konsumen secara take away di Jakarta, Senin (26/7).


Reporter: Adi Wikanto, Mona Tobing |

JAKARTA. Sejak penyelenggaraan hari pertama IIMS 2012 pada 20 September lalu, ribuan pengunjung sudah berbondong-bondong menyerbu ajang pameran kendaraan bermotor tahunan itu. Tak heran jika IIMS kali ini diperkirakan lebih semarak dari tahun-tahun sebelumnya, baik dari sisi kendaraan yang dipamerkan maupun jumlah pengunjungnya.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, IIMS 2012 menggunakan ruang pameran lebih luas, mencapai 70.550 meter persegi. Bandingkan dengan tahun 2011, hanya 63.654 meter persegi. Pameran kali ini pun menjadi ajang terluas dibandingkan hajatan sejenis di kawasan Asia Tenggara pada 2012.

Antusiasme pengunjung dan industri otomotif ini turut mengerek agresivitas perusahaan pembiayaan (multifinance). Multifinance turut berlomba-lomba menawarkan promosi untuk menarik minat konsumen.

Yang marak adalah promosi bunga kredit. Salah satunya promosi PT BII Finance Center yang menawarkan bunga 3,28% untuk masa pinjaman setahun. Biasanya, anak usaha Bank BII ini menarik bunga 3,88% untuk tenor setahun.

PT BCA Finance tak mau ketinggalan. Mereka mematok bunga 3,5% untuk tenor setahun (bunga normal 4,99%). Dengan masa pinjaman yang sama, PT Indomobil Finance Indonesia juga memberlakukan bunga murah sebesar 3,88%.

"Biasanya kami memberlakukan bunga yang lebih besar," kata Gunawan, Direktur Indomobil Finance. Ia enggan merinci bunga kredit saat periode normal karena bergantung jenis kendaraan dan daerah pemasaran.

Tentu saja, promosi ini menjadi kesempatan istimewa bagi nasabah. Namun, ingat, promosi itu hanya berlaku untuk pembiayaan bertenor setahun. Artinya, pembiayaan bertenor lebih dari setahun, bakal memungut bunga lebih tinggi.

Masih ada kelebihan bila calon nasabah ingin membeli mobil secara kredit saat pameran. Multifinance seperti BII Finance dan BCA Finance juga memberikan bonus gratis asuransi total lost only (kehilangan atau rusak keseluruhan) atas kendaraan bermotor itu pada tahun pertama.

"Nasabah juga bisa mendapatkan tenor pembiayaan lebih panjang, mencapai enam tahun (normal hanya lima tahun)," ujar Roni Haslim, Direktur Utama BCA Finance.

Gunawan meyakini, promosi dan pameran kali ini bisa mendongkrak kinerja pembiayaan kendaraan bermotor. Agustus lalu, pembiayaan kendaraan bermotor melambat karena penjualan mobil hanya mencapai 76.373 unit, anjlok dibandingkan bulan Juli sebanyak 102.512 unit. "September ini, pembiayaan otomotif pasti bisa naik 15%-20% dari bulan lalu," kata Gunawan.

Tapi Anda sebagai konsumen yang cerdas, sebagiknya jangan segera tergiur promosi semata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×