kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45886,18   -14,64   -1.62%
  • EMAS1.338.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Nasabah Bank Mega Bisa Menggunakan QRIS di Thailand, Malaysia dan Singapura


Selasa, 19 Desember 2023 / 12:45 WIB
 Nasabah Bank Mega Bisa Menggunakan QRIS di Thailand, Malaysia dan Singapura
ILUSTRASI. Transaksi QRIS Antarnegara via aplikasi M-Smile milik Bank Mega telah dapat digunakan di Thailand, Malaysia dan Singapura


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dina Hutauruk

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank Mega menjadi salah satu bank yang sudah bisa melayani transaksi QRIS antarnegara atau cross border di Thailand, Malaysia, dan Singapura. Oleh karena itu, nasabah yang ingin bepergian ke tiga negara tersebut sudah bisa dengan mudah melakukan transaksi pembayaran dengan QRIS. 

QRIS Antarnegara merupakan system interkoneksi pembayaran QR di negara-negara yang telah memiliki kerjasama, sehingga memungkinkan nasabah untuk melakukan pembayaran di negara yang berbeda. 

Nasabah yang sedang berlibur di Thailand, Malaysia dan Singapura dapat melakukan transaksi pembayaran dengan scan kode QR yang disediakan merchant-merchant di negara tersebut. Sehingga, nasabah tak perlu repot lagi menukarkan uang Rupiah ke mata uang negara negara tersebut.  

Selain praktis, dengan melakukan transaksi QRIS Antarnegara pada aplikasi M-Smile, nilai transaksi yang dilakukan akan secara otomatis dikonversikan kedalam mata uang Rupiah.

Baca Juga: Transaksi Non Tunai, Mudahkan Pedagang dan Pembeli
 
“Melalui fitur ini, kami berharap dapat memudahkan nasabah Bank Mega dalam melakukan transaksi pembayaran antarnegara menjadi lebih cepat, praktis dan aman,” jelas Diza Larentie, Wakil Direktur Utama Bank Mega dalam keterangan resminya, Selasa (19/12).

Diza bilang, ada beberapa keunggulan QRIS Antarnegara yang sudah dapat dilakukan di Thailand, Malaysia dan Singapura. Pertama, pembayaran dapat dilakukan langsung tanpa harus menukarkan uang ke valuta asing, dimana nasabah hanya melakukan scan dari M-Smile dengan sumber dana tabungan rupiah. Transaksi tersebut akan langsung dikonversi otomatis ke rupiah secara real time.

Kedua, praktis karena tidak perlu menggunakan fisik kartu tetapi hanya cukup menggunakan ponsel. Ketiga, transaksi lebih aman karena tidak perlu membawa sejumlah uang tunai. Keempat, lebih higienis karena pembayaran dilakukan sendiri oleh nasabah dengan melakukan scan pada ponsel nasabah.

Namun sebelum melakukan transaksi QRIS antarnegara, Diza mengingatkan agar nasabah  memastikan bahwa merchant-merchant di negara tersebut memiliki logo dari lembaga yang saat ini menjadi mitra penyelenggara.

Baca Juga: Bank Indonesia dan Korsel Sepakat Pakai Uang Lokal Dalam Transaksi Mulai 2024

Di Thailand, penyelenggaran jasa pembayaran yang sudah menjadi mitra QRIS cross border diantaranya BBL (Bangkok Bank), BAY (Bank of Ayudhya), Krungthai Bank (KTB), CIMB Thai, Kasikorn Bank (KBANK) dan Siam Commercial Bank (SCB).  

Sedangkan di Malaysia, logo QR yang bisa melayani QRIS antarnegara adalah terbitan dari. DuitNow atau logo QR yang berasal dari penerbit seperti CIMB Bank, Public Bank Berhad, Razer Merchant Services Sdn Bhd, United Overseas Bank Berhad, TNG Digital Sdn Bhd, Axiata Digital eCode Sdn Bhd (Boost), AmBank Malaysia Berhad, , Maybank Berhad, Finexus dan Hong Leong Bank Berhad. Adapun di Singapuran hanya bisa discann di QR berlogo NETS atau SGQR.

"Bank Mega akan senantiasa mendukung inisisasi Bank Indonesia untuk terus menambah negara-negara yang bekerjasama menerapkan QRIS Antarnegara sehingga menambah kenyamanan bagi para pengguna." pungkas Diza.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×