kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45897,06   -1,69   -0.19%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Northstar akuisisi 49% saham Trimegah Securities


Kamis, 06 Desember 2012 / 16:35 WIB
Northstar akuisisi 49% saham Trimegah Securities
ILUSTRASI. Foto udara yang menunjukan lanskap kota dengan deretan gedung perkantoran di kawasan Sudirman, Jakarta, Rabu (30/6/2021). Cuaca hari ini di Jabodetabek cerah hingga berawan, menurut ramalan BMKG. KONTAN/Fransiskus Simbolon.


Reporter: Dyah Megasari |

JAKARTA. Northstar Equity Partners III Ltd (Northstar) mengakuisisi 49% saham PT Trimegah Securities Tbk (TRIM). Nilai akuisisi tersebut mencapai Rp 117,7 per saham atau setara dengan Rp 200 miliar.

Berdasarkan surat keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Northstar mengakuisisi Trimegah Securities melalui anak perusahaannya yaitu Advance Wealth Finance Ltd. Nilai saham yang diakuisisi adalah 1,7 miliar saham yang dikelola oleh Spinnaker Capital Limited and Spinnaker Asset Management (SAM Ltd).

"Northstar percaya terhadap prospek ekonomi makro yang kuat pada usaha broker dan asset management di Indonesia. Kami melihat potensi jangka panjang untuk Trimegah," kata manajemen Northstar.

Saat ini, Northstar yakin bahwa tim manajemen yang ada akan dapat membawa perusahaan kepada tingkat yang lebih menguntungkan. Trimegah didirikan pada tahun 1990 dan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia pada 2010.

Trimegah menyediakan jasa equity capital market, debt capital markets, investment banking dan asset management bagi nasabah korporasi maupun retail. Saat ini Trimegah memiliki 18 cabang di 14 kota besar di seluruh Indonesia. Northstar adalah perusahaan investasi keuangan yang mengelola dana sebesar US$ 1,2 miliar yang khusus dibangun untuk Indonesia.

Saat ini, Northstar telah menginvestasikan dana yang dikelola pada lebih dari 20 perusahaan di berbagai sektor termasuk perbankan, asuransi, retail, minyak dan gas, jasa pertambangan, batubara, minyak kelapa sawit dan telekomunikasi.

Northstar Pacific adalah perusahaan private equity yang didirikan oleh Patrick Walujo, mantan bankir investasi Goldman Sachs. Dana kelolaan Northstar kini mencapai US$ 1,2 miliar.

Tahun lalu, Northstar mengakuisisi PT Mahanusa Capital, induk usaha PT Mahanusa Securities. Northstar kemudian mengubah nama Mahanusa Securities menjadi Equator Securities.

Selain Mahanusa Securities, Mahanusa Capital memiliki anak usaha yang bergerak di bidang manajemen aset, yaitu Mahanusa Investment Management. Mahanusa juga mengoperasikan Pacific Place dan Equity Tower di SCBD Jakarta.

Selain itu, perseroan melalui PT Sepanjang Inti Surya Utama memiliki perkebunan kelapa sawit di Kalimantan. Selain Mahanusa, Northstar Pacific melalui Lunar Crescent International Inc membeli 20 persen saham PT Multistrada Arah Sarana Tbk (MASA) senilai Rp 691,5 miliar. Multistrada adalah produsen ban otomotif nasional dengan merek dagang Achilles, Corsa dan Strada. (Didik Purwanto/Kompas.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×