kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

OJK tengah meracik roadmap konsolidasi bank


Selasa, 22 Agustus 2017 / 16:54 WIB

OJK tengah meracik roadmap konsolidasi bank

KONTAN.CO.ID - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengaku sedang menyusun rencana jangka panjang konsolidasi perbankan. Rencana ini akan tertuang dalam masterplan perbankan OJK.

Heru Kristiyana, Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK mengatakan saat ini regulator masih menyusun beberapa indikator terkait dengan rencana konsolidasi ini.

"Kami masih lakukan assement (penilaian) satu per satu bank, beri waktu kami tiga bulan baru nanti akan kami bicara hasilnya," ujar Heru ketika ditemui di kompleks Mahkamah Agung (MA) Selasa (22/8).

Ada beberapa indikator yang dipakai OJK dalam melakukan konsolidasi bank ini. Pertama adalah kontribusi bank bagi perekonomian. Kedua adalah kinerja bank yang salah satunya memuat kesehatan permodalan, tata kelola (GCG), dan likuiditas.

Jika nanti dalam penilaian menunjukkan bank perlu digabung maka OJK akan melakukan langkah supaya bank tersebut dimerger dengan bank lain. Tentunya ada beberapa opsi terkait ini salah satunya mendatangkan investor strategis.

Sebelum melakukan rekomendasi penggabungan bank, OJK juga melihat kondisi NPL (rasio kredit bermasalah) bank yang bersangkutan.

Wimboh Santoso, Ketua Dewan Komisioner OJK mengatakan keputusan merger atau penggabungan bank diserahkan kepada manajemen dan pemegang saham bank yang bersangkutan.

"(Keputusan) Ada di tangan pemegang saham dan manajemen apakah akan merger atau tidak," ujar Wimboh ketika ditemui dikompleks MA, Selasa (22/8). Diharapkan dengan merger bank bisa memiliki daya saing utamanya nanti menyambut pasar bebas perbankan ASEAN 2020.



Reporter: Galvan Yudistira
Editor: Dessy Rosalina

Video Pilihan


Close [X]
×