kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pasca akuisisi Asuransi Adira, Zurich siapkan US$ 30 juta untuk layanan digital


Jumat, 29 November 2019 / 19:15 WIB
Pasca akuisisi Asuransi Adira, Zurich siapkan US$ 30 juta untuk layanan digital
ILUSTRASI. Usai mengakuisisi Asuransi Adira, Zurich Insurance siapkan dana US$ 30 juta untuk kembangkan layanan digital.


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setelah mengakusisi saham mayoritas PT Asuransi Adira Dinamika, Zurich Insurance Group (Zurich) berencana memperbesar bisnis asuransi di tahun mendatang.

Country Manager Zurich Chris Bendl Indonesia mengatakan pihaknya telah menginvestasikan dana sebesar US$ 30 juta untuk mengembangkan kanal digital, dengan menggadeng Asuransi Adira dan PT Bank Danamon Tbk (BDMN). Kerja sama tersebut diharapkan bisa mendorong Asuransi Adira menjadi perusahaan asuransi terbesar di Indonesia.

“Tujuannya, agar masyarakat mau membeli solusi produk kami tanpa hambatan. Selama satu tahun belakangan ini, baik Bank Danamon, Asuransi Adira sudah bekerja keras untuk menyusun rencana kerja dari sisi distribusi dan produk sehingga berkontribusi signifikan untuk fee base income,” jelas Bendl di Jakarta, Jumat (29/11).

Baca Juga: Akuisisi Asuransi Adira, Asuransi Zurich gelontorkan dana US$ 414 juta

Pihaknya juga akan fokus pada produk asuransi di sektor ritel serta korporasi yang merupakan bentuk komitmen terhadap industri asuransi. Sayangnya ia belum mau mengungkapkan rencana bisnis apa yang akan dilakukan ke depan.

Yang jelas, Zurich Insurance Group akan membangun kapabilitas melalui cross selling, atau mempromosikan produk tambahan ke nasabah tetap. Serta menyiapkan produk asuransi syariah dan sedang menunggu izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

CEO Zurich Asia Pasific Jack Howell mengaku, dengan mengakusisi Asuransi Adira akan memperluas distribusi serta meningkatkan profitabilitas dan layanan yang diberikan konsumen. Terlebih, Zurich akan melibatkan tenaga ahli dari luar untuk mempercepat bisnis di Indonesia.

Baca Juga: Danamon lepas kendali di Asuransi Adira ke Zurich Insurance

Akuisisi Asuransi Adira diklaim menjadi akusisi asuransi umum terbesar di Indonesia. Howel mengungkapkan alasan kenapa ingin mengakusisi asuransi yang awalnya dikuasai Bank Danamon tersebut. Jaringan Adira yang luas dan relasi pelanggan yang kuat akan melengkapi jejak global dan keahlian underwriting Zurich.

“Indonesia adalah pasar menarik ketika penetrasi asuransi asuransi masih tergolong rendah. Negara ini juga memiliki populasi terbanyak ke-4 di dunia, mempunyai kelas menengah yang semakin besar serta komitmen pemerintah mendorong industri asuransi,” jelasnya.

Oleh karenanya, Zurich merasa senang bisa memperluas customer bases melalui kantor-kantor cabang Bank Danamon di Indonesia. Dengan begitu, Zurich bisa memasarkan produknya ke Bank Danamon dan Asuransi Adira.

Baca Juga: Ada Delapan Investor Kakap Melirik Anak Jiwasraya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×