kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,56   -6,79   -0.73%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pefindo Beri Peringkat idAA untuk Obligasi SAN Finance


Senin, 13 Juni 2022 / 12:03 WIB
Pefindo Beri Peringkat idAA untuk Obligasi SAN Finance
ILUSTRASI. San Finance (Surya Artha Nusantara Finance). Foto:Dok.San Finance


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menetapkan peringkat idAA untuk Obligasi milik PT Surya Artha Nusantara Finance (SAN Finance). Obligasi tersebut ialah Obligasi Berkelanjutan IV Tahun 2022 yang memiliki jumlah pokok maksimal Rp 3 triliun.

Pada saat yang sama, Pefindo juga telah menegaskan peringkat perusahaan idAA untuk SAN Finance. Prospek untuk peringkat tersebut adalah stabil.

Peringkat tersebut mencerminkan kepentingan strategisnya bagi Grup Astra, posisi pasar yang kuat didukung oleh sinergi dengan perusahaan terafiliasi, dan indikator permodalan yang kuat.

“Peringkat dibatasi oleh eksposur ke sektor terkait komoditas, persaingan ketat di bisnis non-inti, dan profil profitabilitas moderat,” tulis Pefindo dikutip dalam pengumumannya, Senin (13/6).

Baca Juga: SAN Finance Akan Menerbitkan Obligasi Rp 750 Miliar, Ini Besaran Bunganya

Adapun, peringkat dapat dinaikkan jika SAN Finane semakin memperkuat posisi pasarnya secara signifikan, yang mungkin berasal dari sinergi bisnis yang lebih kuat dengan Induknya, sekaligus secara konsisten mempertahankan profil keuangan yang kuat.

Sebaliknya, peringkat dapat diturunkan jika Pefindo melihat perubahan signifikan dalam tingkat dukungan induk, yang mungkin dicerminkan oleh tingkat kontrol atau integrasi bisnis yang jauh lebih rendah dengan Grup Astra.

“Peringkat juga dapat berada di bawah tekanan jika perusahaan mengalami penurunan signifikan dalam kinerja bisnis atau keuangan,” imbuh pernyataan tersebut.

Sebagai informasi, SAN Finance merupakan perusahaan pembiayaan dengan fokus pada pembiayaan alat berat untuk merek Komatsu. Per 31 Desember 2021, pemegang sahamnya terdiri dari PT Sedaya Multi Investama (60%), Marubeni (35%); dan PT Marubeni Indonesia (5%).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×