kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,89   3,53   0.38%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pefindo tegaskan peringkat idAAA untuk Pegadaian


Selasa, 23 Maret 2021 / 14:47 WIB
 Pefindo tegaskan peringkat idAAA untuk Pegadaian
ILUSTRASI. Gedung Kantor Pusat Pegadaian di Jakarta.


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menegaskan peringkat idAAA untuk PT Pegadaian (Persero) dan obligasi Pegadaian yang masih beredar.

Pefindo juga memberikan peringkat idAAA(sy) untuk MTN Syariah Mudharabah I Tahun 2018 dan Sukuk Mudharabah I Tahun 2020 Pegadaian dengan peringkat stabil bagi korporasi. Ini merupakan peringkat tertinggi yang diberikan Pefindo.

"Kemampuan obligor untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjang terhadap obligor lain adalah superior," kata Pefindo dalam keterangan resmi, Jumat (19/3).

Baca Juga: Dirut Pegadaian sebut pembentukan holding BUMN ultra mikro tak akan berbuntut PHK

Peringkat tersebut mencerminkan peran strategis Pegadaian dalam memberikan jasa gadai kepada segmen kecil dan menengah. Kemudian posisi bisnis yang superior pada bisnis jasa gadai, permodalan yang sangat kuat, dan posisi likuiditas dan fleksibilitas finansial yang sangat baik.

Namun, peringkat tersebut dibatasi oleh eksposur terhadap volatilitas harga emas. Peringkat dapat diturunkan apabila terdapat penurunan dukungan dari pemerintah serta tekanan kualitas aset dan profitabilitas secara signifikan.

Pefindo memperkirakan, Pegadaian dapat mengendalikan dampak Covid-19 terhadap profil kredit perusahaan karena barang jaminan sebagian besar berupa emas dan berada di penyimpanan Pegadaian. Usaha gadai berkontribusi 70% dari total portofolio pembiayaan.

Selain itu, risiko kerugian dari penjualan barang jaminan juga rendah karena harga emas terus meningkat sejak awal penyebaran Covid. Hal ini diperkirakan dapat memitigasi potensi penurunan bisnis karena 70% dari portofolio pembiayaan berasal dari kelompok masyarakat berpenghasilan tidak tetap.

Pegadaian memberikan jasa usaha gadai dan pembiayaan mikro, dengan didukung oleh jaringan 12 kantor regional dan 4.087 unit kantor yang terletak di berbagai wilayah di Indonesia. Perusahaan dimiliki secara penuh oleh pemerintah.

Selanjutnya: Serikat Pekerja Pegadaian tetap ingin rencana holding ultra mikro dikaji ulang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×