kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pegadaian Berhasil Catatkan Total Tabungan Emas 7,17 Ton Hingga Juli 2022


Rabu, 07 September 2022 / 14:28 WIB
Pegadaian Berhasil Catatkan Total Tabungan Emas 7,17 Ton Hingga Juli 2022
JAKARTA,19/7-HARGA EMAS DI PEGADAIAN NAIK - Karyawan menunjukan emas di Galeri 24 Pegadaian, Jakarta, Selasa (19/7/2022). Pegadaian Berhasilkan Catatkan Total Tabungan Emas 7,17 Ton Hingga Juli 2022.


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kendati terjadinya berbagai tantangan global seperti kenaikan inflasi, dan Bahan Bakar Minyak (BBM) nyatanya tidak menyurutkan minat masyarakat untuk terus menabung emas.

PT Pegadaian tetap mencatatkan pertumbuhan pada jumlah saldo titipan pada produk tabungan emas hingga saat ini. Per Juli 2022 jumlah saldo emas yang di titipkan berhasil mencapai 7,17 ton meningkat 6,78% secara tahunan atau year on year (yoy) dari tahun sebelumnya yang mencapai 6,57 ton.

"Kami tetap optimis tabungan emas tetap tumbuh sebagai alternatif investasi untuk melindungi aset nilai," kata VP of Corporate Communication PT Pegadaian Basuki Tri Andayani kepada kontan.co.id, Rabu (7/9).

Baca Juga: Harga Emas di Pegadaian Siang Ini Rabu 7 September 2022, Cek Daftarnya di Sini

Tabungan emas memang menjadi salah satu produk unggulan Pegadaian. Hingga Juli 2022 Pegadaian juga telah berhasil mencatatkan jumlah nasabah yang menabung emas mencapai 5,39 juta orang.

Dalam mengoptimalkan tabungan emas, perusahaan pun terus melakukan kolaborasi dengan sejumlah partner. Misalnya, Pegadaian menggandeng Traveloka dalam meluncurkan produk investasi "Tabungan Emas Pegadaian di Traveloka".

Pegadaian juga melakukan kolaborasi dengan Bareksa dengan menghadirkan fitur BareksaEmas sehingga nasabah Bareksa dapat memiliki berbagai pilihan produk investasi secara terintegrasi, selain reksadana dan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel.

Direktur Teknologi dan Digital Pegadaian Teguh Wahyono menambahkan, dengan menggandeng partner, pihaknya berharap akan banyak investor-investor yang serius untuk melakukan investasi emas di Pegadaian.

Baca Juga: Tok! Pegadaian Menangkan Gugatan Pelanggaran Hak Cipta Tabungan Emas

"Pegadaian selalu menjual emas fisik sesuai dengan saldo inventori yang diwajibkan OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Jadi kalau tidak mencukupi saldo nggak bisa jual emas. Saya kira ini memberikan rasa aman untuk investor, karena dijamin emasnya itu ada, disimpan dan diasuransikan," tutur Teguh.

Teguh menambahkan, visinya ke depan, Pegadaian juga sedang menggali untuk menjadi bullion bank atau bank emas pertama di Indonesia. Apalagi, Pegadaian juga sudah memiliki bisnis tabungan emas di Galeri 24.

Sebagai gambaran, sistem Tabungan Emas Pegadaian secara sederhana yakni seseorang bisa menyetorkan uang tunai dalam jumlah berapa pun yang nantinya akan dikonversi ke dalam gram emas batangan sesuai dengan harga terbaru emas 24 karat yang berlaku. 

Nah, saldo emas yang terkumpul di rekening tersebut nantinya bisa dicairkan menjadi uang tunai atau dicetak menjadi emas batangan fisik berdasarkan harga emas logam mulia yang berlaku. Untuk pembelian saldo emas minimal 0,01 gram dan maksimal 100 gram per hari per nasabah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×