kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Pembiayaan sepeda motor baru Mandiri Utama Finance stagnan


Minggu, 30 September 2018 / 22:12 WIB

Pembiayaan sepeda motor baru Mandiri Utama Finance stagnan
ILUSTRASI. Mandiri Utama Finance


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tren pembiayaan sepeda motor baru PT Mandiri Utama Finance (MUF) hingga Agustus 2018 belum melaju kencang.

Finance Director MUF Kuki Kadarisman menyampaikan, sampai Agustus, Mandiri Utama Finance mencatat total pembiayaan sebesar Rp 5,01 triliun. Dari jumlah itu pembiayaan sepeda motor baru berkontribusi terhadap total pembiayaan sebesar 22,3%.


"Untuk pembiayaan motor baru kami cenderung relatif stagnan dibanding realisasi tahun lalu," kata Kuki kepada Kontan.co.id, akhir pekan ini.

Pertumbuhan yang belum melesat disebabkan oleh beberapa hal. Di antaranya, Kuki bilang MUF saat ini sedang mengubah komposisi portofolio untuk optimalisasi penyaluran kredit. Khususnya, kata dia, yang berkaitan dengan kualitas pembiayaan motor di pasar yang saat ini cenderung mengalami penurunan kolektibilitas.

"Sehingga kami perlu seleksi yang lebih ketat lagi dalam penyaluran ke calon konsumen," jelas dia.

Sampai akhir tahun, Kuki melihat pembiayaan sepeda motor akan cenderung sedikit menurun. Tapi, MUF akan substitusi dari kenaikan di segmen pembiayaan mobil baru.

Saat ini, Mandiri Utama Finance masih menghitung proyeksi penurunan. Adapun sampai akhir 2017, pembiayaan sepeda motor baru yang disalurkan MUF sebesar Rp 2 triliun dari 113.000 unit.

"Dalam penyaluran segmen ini kami bersinergi dengan Bank Mandiri juga diler. Sedangkan produk MUF Syariah kami bersinergi dengan Bank Syariah Mandiri (BSM)," ujarnya.


Reporter: Umi Kulsum
Editor: Wahyu Rahmawati

Video Pilihan

Terpopuler

Close [X]
×