kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45672,14   1,07   0.16%
  • EMAS916.000 -1,08%
  • RD.SAHAM 0.54%
  • RD.CAMPURAN 0.26%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.10%

Perbarindo sebut BPR-BPRS bisa lewati pandemi covid-19, asalkan...


Jumat, 22 Mei 2020 / 10:55 WIB
Perbarindo sebut BPR-BPRS bisa lewati pandemi covid-19, asalkan...
ILUSTRASI. Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) menyebutkan industri Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) saat ini tengah menghadapi ujian dengan adanya pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia.

Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) menyebutkan industri Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) saat ini tengah menghadapi ujian dengan adanya pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia.

Pandemi tersebut telah berdampak ke berbagai sektor, tak terkecuali sektor ekonomi dan keuangan. Berbagai upaya dan kebijakan pembatasan kegiatan bisinis untuk mencegah penyebaran Covid-19 berimbas pada menurunnya kegiatan usaha dan bisnis.

Alhasil, industri BPR-BPRS merasakan dampak dari pandemi itu karena turunnya kemampuan debitur untuk membayar angsuran dan meningkatnya penarikan dana simpanan yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Baca Juga: Bank daerah berminat jadi perantara likuiditas ke BPR dan multifinance

Joko Suyanto, Ketua Umum Perbarindo mengatakan, hal itu berpengaruh pada kondisi likuiditas Industri BPR-BPRS yang tidak pernah terprediksi sebelumnya sehingga kondisinya tidak lagi tercermin dalam Rencana Bisnis Bank (RBB) yang telah disampaikan kepada regulator.

Namun, Joko menyakini BPR/BPRS akan bisa melewati ujian tersebut jika anggota Perbarindo kompak atau bersatu menjaga industri. Terbukti, industri BPR-BPRS dalam bermitra serta melayani masyarakat dan pelaku UMKM Indonesia selama hampir 40 tahun yang telah mampu melewati gejolak ekonomi dan politik yang melanda negeri ini.

Seiring dengan persaingan dunia perbankan yang kian ketat, BPR-BPRS sepertinya tidak akan luntur serta masih menjadi salah satu perbankan yang diminati masyarakat.

Karakteristik BPR-BPRS yang memiliki kemudahan dalam penyaluran kredit dan keunikan dalam menghimpun dana masyarakat dibandingkan dengan bank konvensional lain menjadi daya tarik tersendiri sehingga BPR-BPRS masih tumbuh dan berkembang.

Dalam peringatan Hari BPR-BPRS Nasional yang dilakukan pada 21 Mei dijadikan Perbarindo sebagai momen penting dan strategis bagi seluruh pelaku Industri BPR-BPRS Nasional untuk sama-sama berjuang melewati masa pandemi Covid-19.

“Kondisi luar biasa ini harus kita hadapi bersama dengan menjaga kebersamaan, kekompakan, bergotong-royong, dan bersatu-padu untuk saling menjaga kondisi Industri BPR-BPRS agar mampu survive, bangkit, dan menang melewati masa Pandemi Covid-19,” ungkap Joko dalam keterangan resminya dikutip Jumat (22/5).

Baca Juga: Bank Universal BPR luncurkan Deposito Peduli

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×