Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) menyelenggarakan lomba kreativitas untuk membangun brand awareness industri BPR-BPRS dalam rangka perayaan Hari BPR-BPRS Nasional yang jatuh pada 21 Mei 2020 lalu. Hari ini, asosiasi ini mengumumkan pemenang lomba yang diikuti anggotanya itu.
Di tahun-tahun sebelumnya, Perbarindo kerap menggelar acara besar di setiap Hari BPR-BPRS Nasional. Namun, tahun ini berbeda karena adanya pandemi Covid-19.
Asosiasi ini hanya memilih menggelar ajang kreativitas khusus bagi insan BPR-BPRS dengan tema yang telah ditentukan oleh panitia dengan tujuan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya berhubungan dengan bank seperti BPR-BPRS.
Baca Juga: Bank Perkreditan Rakyat tetap produktif selama masa pandemi
Menurut Ketua Pelaksana Lomba Kreativitas BPR-BPRS Tedy Alamsyah, dengan terselenggaranya lomba kreativitas ini pihaknya membuktikan bahwa di tengah masa pandemik, brand awareness industri BPR-BPRS tetap terbangun.
“Kami sadar bahwa di era digitalisasi, kegiatan membangun branding industri BPR melalui sarana teknologi dan media sosial tetap bisa berjalan dan tak terhambat oleh situasi pandemik. Inilah yang kami lombakan dan sosialisasikan secara digital,” ujar Tedy dalam keterangan resminya, Selasa (23/6).
Adapun pemenang tiga terbaik lomba TikTok masing-masing diraih oleh Violenanjeli (BPR Dana Mitra Sukses), Krispianus (BPR Pancur Banua Katulistiwa), dan Chelseania (BPR Rifi Maligi).
Selanjutnya untuk tiga Video Terbaik diraih oleh Cerist Prangwardani (BPR Anugerahdharma Yuwana Banyuwangi), Panji (BPR Bank Daerah Gunungkidul), dan Deta Stephanie (BPR Sejahtera Batam).
Lalu untuk tiga Video Terbaik Kompilasi Kenangan dimenangkan oleh Erllyn Faulinda (BPR Kotabaru), Jepon Mokodomis (BPR Bank Kumapan), dan Robin Kardo (BPR Harta Mandiri)
Sementara untuk tiga terbaik lomba foto diraih oleh Nurhikmanggraini (BPR Kharisma), Feri Wijayanto (BPR Melati Pundi Artha), dan Lolyta Grace (BPR Lestari Jabar). Dan terakhir adalah tiga terbaik pemenang lomba poster masing-masing diraih oleh Fiki Fifdiantoro (BPR Surya Yudha), Komang Bajra Adnyana (BPR Nusamba Kubutambahan), dan Ivan Adrianto (BPR Danaputra Sakti).
Tedy mengatakan, gencarnya Perbarindo memaksimalkan digitalisasi BPR-BPRS merupakan salah satu cara untuk memastikan sustainability (keberlangsungan) bisnis BPR-BPRS akan terus ada sampai kapan pun.
“Kalau kita bicara market bahwa saat ini kami sudah melakukan shifting (pergeseran). Dan yang namanya shifting itu bertahap dan tidak bisa 100%. Yang paling penting adalah memulai untuk mengenalkan industri ini ke kaum milenial,” terang Tedy.
Baca Juga: Sekitar 20% kredit produktif BPR berpotensi terimbas pandemi corona
Saat ini, Perbarindo memiliki 24 Dewan Pengurus Daerah (DPD) di tingkat Provinsi dan 48 Dewan Pengurus Komisariat (DPK) di tingkat Kabupaten dan Kota, dengan jumlah anggota sebanyak 1.558 BPR - BPRS yang didukung jaringan kantor sebanyak 6.093 unit yang tersebar dari Aceh sampai dengan Papua.
Sedangkan jumlah karyawan yang berperan aktif membesarkan Industri BPR – BPRS mencapai 90.000. Industri BPR - BPRS telah melayani masyarakat Indonesia sebanyak 18,3 juta nasabah yang terdiri dari debitur sebanyak 4 juta rekening dengan rata-rata pinjaman Rp 27 juta, deposan sebanyak 707.000 dengan rata-rata deposito sebesar Rp 106 juta dan penabung sebanyak 13,4 juta dengan rata-rata tabungan sebesar Rp 2 juta.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News