kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,55   -13,00   -1.43%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perkuat Bisnis Internasional, BNI Bakal Buka Kantor di Australia Tahun Depan


Selasa, 24 Oktober 2023 / 18:36 WIB
Perkuat Bisnis Internasional, BNI Bakal Buka Kantor di Australia Tahun Depan
ILUSTRASI. BNI sedang menyiapkan membuka kantor baru di Australia. Targetnya, pembukaan kantor tersebut akan terealisasi tahun depan.


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bisnis internasional masih menjadi salah satu andalan bagi PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI). Itu tercermin dari rencana ekspansi bank tersebut untuk membuka kantor baru di luar negeri.

Direktur Wholesale & International Banking BNI Silvano Rumantir mengungkapkan saat ini BNI sedang menyiapkan untuk membuka kantor baru di Australia. Targetnya, pembukaan kantor tersebut akan terealisasi tahun depan.

Ia menjelaskan ini kali pertamanya BNI berekspansi di Australia, tepatnya di Sydney. Oleh karenanya, untuk awal, kantor itu bersifat kantor perwakilan bukan kantor cabang.

"Setelah nantinya beroperasi enam bulan atau satu tahun, baru kita bakal apply lagi untuk menjadi kantor cabang," ujar Silvano saat ditemui di BNI Investor Daily Summit, Selasa (24/10).

Baca Juga: Bunga Acuan BI Naik, Dirut BNI: Bank Tidak Akan Semena-mena Naikkan Suku Bunga

Silvano menjelaskan alasan Sydney dipilih untuk dibuka kantor baru karena melihat jumlah diaspora di sana yang bagus. Ditambah, belum ada bank dari Indonesia yang memiliki cabang di sana.

Sementara itu, ia juga melihat beberapa perusahaan di Indonesia sudah banyak yang memiliki aset di Negeri Kangguru tersebut. Baik dari sektor consumer product, food and beverages, hingga sektor tambang.

"Misi kita kan bukan buka cabang sebanyak-banyaknya tapi mengikuti nasabah Indonesia kebutuhannya dimana," ujarnya.

Saat ini BNI sudah memiliki tujuh kantor cabang di luar negeri. Secara rinci, empat negara di Asia, dua negara di Eropa, dan satu negara di Amerika Serikat.

Silvano menyebutkan kantor terbaru yang dibuka adalah kantor di Amsterdam pada tahun lalu. Alasannya, banyak perusahaan Indonesia yang juga ekspansi di wilayah tersebut.

Sebagai informasi, BNI mencatat hingga paruh pertama 2023 ekosistem ekspor dan diaspora yang telah dibiayai mencapai Rp 28,77 triliun kepada lebih dari 27,33 ribu debitur.

Baca Juga: BNI Life Terapkan Sejumlah Strategi Untuk Menggaet Nasabah Baru

Selain itu, dalam mendongkrak bisnis internasionalnya itu, BNI mengembangkan program BNI Xpora. Program tersebut merupakan solusi digital yang dikembangkan oleh BNI dan ditujukan untuk pelaku UKM yang ingin meningkatkan kapasitas bisnis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×