kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45957,69   1,08   0.11%
  • EMAS1.028.000 1,08%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Perkuat Layanan Digital, Bank Mandiri Gandeng Qoala, Ayoconnect dan ICON+


Senin, 26 September 2022 / 19:11 WIB
Perkuat Layanan Digital, Bank Mandiri Gandeng Qoala, Ayoconnect dan ICON+
ILUSTRASI. Petugas keamanan membantu nasabah di Smart Branch Bank Mandiri Tangerang Selatan, Banten, Senin (26/9/2022).


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk meningkatkan layanan digital dengan menggandeng fintech Qoala,  Ayoconnect dan ICON+. Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi menjelaskan, Bank Mandiri dalam hal ini Mandiri Group turut aktif menyemai start-up melalui PT Mandiri Capital Indonesia (MCI) untuk terlibat secara langsung.

“Hal ini merupakan bagian dari transformasi digital Bank Mandiri untuk memperluas ekosistem digital yang diharapkan dapat memberikan pelayanan terbaik serta nilai lebih kepada masyarakat,” ujarnya, Senin (26/9).

Co-founder dan COO Qoala Tommy Martin mengatakan kerja sama Bank Mandiri dan Qoala dalam mengembangkan produk dan layanan yang memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat Indonesia. 

Mulai  implementasi produk asuransi di ekosistem Bank Mandiri yang memungkinkan nasabah untuk memperoleh produk asuransi dengan lebih mudah sekaligus fasilitas payment channel Bank Mandiri di ekosistem Qoala.

Baca Juga: Muncul Kabar Astra International (ASII) Pertimbangkan Lepas Unit Asuransi Jiwanya

“Kesepakatan ini menjadi terobosan kami sebagai perusahaan insurtech dalam memperluas akses asuransi bagi berbagai kalangan masyarakat di Indonesia. Kami dari Qoala beserta Bank Mandiri akan saling mendukung dalam kolaborasi ini selaku mitra. Kerja sama Qoala dan Bank Mandiri ini kami harap dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat” ujar Tommy.

Lanjutnya, kerjasama Qoala dan Bank Mandiri ini melengkapi berbagai perencanaan keuangan serta pilihan asuransi yang sudah ditawarkan saat ini. Qoala sebagai perusahaan insurtech, bekerja sama dengan pialang asuransi PT Mitra Jasa Pratama dan lebih dari 30 perusahaan asuransi terkemuka memiliki tujuan untuk mengembangkan produk asuransi yang terbaik.

Selain itu, Bank Mandiri bekerja sama dengan  Ayoconnect dan Icon+. Adapun, kerja sama Ayoconnect dengan Bank Mandiri mencakup kerjasama biller sharing dan metode pembayaran menggunakan Mandiri Virtual Account.

Kerja sama ini memungkinkan kedua institusi untuk mengintegrasikan 300 lebih produk digital dan lebih dari 1,000 perusahaan penyedia tagihan. Lebih lanjut, fitur Mandiri Virtual Account yang dimiliki oleh Ayoconnect dapat membantu belasan juta nasabah pengguna aplikasi Livin' by Mandiri di penjuru Indonesia untuk melakukan pembayaran dengan lebih mudah.

Sinergi antara Bank Mandiri dan Ayoconnect dimungkinkan karena API solusi pembayaran dan perbankan milik Ayoconnect dapat membangun metode pembayaran baru dengan menjembatani antara bisnis non-perbankan dengan bank.

Ari Rahmat Indra Cahyadi Direktur Utama PLN ICON+ mengatakan, tingkat penetrasi internet di Indonesia tahun 2022 mencapai 77,02% dengan lebih dari 210 juta masyarakat terkoneksi internet. Namun demikian, 75% dari total pengguna tercatat belum memasang jaringan fixed broadband di rumah.

"Kerja sama antara Ayoconnect dan ICON+ merupakan kolaborasi sinergis yang bertujuan tidak hanya untuk memperluas jaringan fixed broadband yang handal dan cepat, namun meningkatkan pengalaman melakukan transaksi digital," paparnya. 

Dalam tahap awal, integrasi ICON+ ke dalam jaringan Ayoconnect memberikan akses produk digital seperti PLN pre-paid, PLN post-paid, dan pembayaran internet Iconnect dari ICON+ untuk ditawarkan kepada rekanan Ayoconnect.

Untuk melengkapi kerja sama tahap ini, Digital Products (PPOB) dan Bill Payment besutan Ayoconnect juga akan diadopsi oleh ICON+ untuk memberikan kemudahan bagi pengguna ICON+ dalam melakukan berbagai transaksi produk digital dari 25 kategori melalui aplikasi ICON+.

Baca Juga: BFI Finance Dapatkan Fasilitas Kredit Sindikasi dengan Limit Maksimum Rp 1,6 Triliun

Di samping itu, Mandiri Capital Indonesia (MCI), selaku anak perusahaan Bank Mandiri yang menjadi perpanjangan tangan Bank Mandiri dalam berinvestasi ke startup, juga berperan penting dalam terbentuknya kerja sama ini. MCI bertindak sebagai penghubung atau jembatan antara Bank Mandiri, Qoala dan Ayo Connect yang turut memfasilitasi keberhasilan dari kolaborasi antara kedua perusahaan ini.

Dennis Pratistha selaku Direktur Investasi MCI mengatakan pihaknya berkomitmen untuk terus mendukung kemitraan strategis antara Mandiri Group dan BUMN dengan startups serta mendorong inovasi dalam ekosistem digital di Indonesia.

“Peran kami adalah sebagai jembatan inovasi antara Mandiri Group dan startups yang mengedepankan pertumbuhan bisnis dan transformasi digital. Adapun value yang kami berikan kepada startups berupa sinergi meliputi kerjasama lending dengan wujud loan channeling antara Bank Mandiri dan startup, kemudian beyond lending dalam bentuk kerjasama strategis guna mendukung Livin’ dan Kopra by Mandiri.” ungkapnya.

Setelah penandatanganan ini, Mandiri Group ke depannya akan meningkatkan kolaborasi serta melakukan sinkronisasi dalam beberapa pengembangan produk dan layanan. Diharapkan potensi dari kerja sama ini akan memberi nilai tambah bagi ekosistem pelayanan milik Qoala, ICON+ dan Bank Mandiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×