kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PIP salurkan dana Rp 400 miliar ke Pegadaian untuk pembiayaan mikro


Kamis, 25 Juni 2020 / 15:04 WIB
PIP salurkan dana Rp 400 miliar ke Pegadaian untuk pembiayaan mikro
ILUSTRASI. Pusat Investasi Pemerintah (PIP) menyalurkan dana untuk pembiayaan Ultra Mikro sebesar Rp 400 miliar kepada Pegadaian


Reporter: Annisa Fadila | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pusat Investasi Pemerintah (PIP) bersama Kementerian Keuangan menyalurkan dana untuk pembiayaan Ultra Mikro (UMi) sebesar Rp 400 miliar kepada PT Pegadaian (Persero). Penandatangaan akad pembiayaan berlangsung di kantor PIP, Kamis (25/6).

Direktur Utama PIP Ririn Kadariyah menyebutkan, penyaluran itu merupakan bentuk komitmen pemerintah dalam mendukung usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Tujuannya agar pelaku UMKM dapat bangkit dari pandemi covid-19.

“Balai Layanan Umum (BLU) dan BUMN yang pro pelaku usaha mikro berkolaborasi untuk menyukseskan program pemulihan ekonomi nasional (PEN),” ujar Ririn dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id (25/6).

Baca Juga: Pemerintah siapkan alokasi subsidi bunga sebesar Rp 35,2 triliun bagi UMKM

Terdapat dua hal penting dalam penyaluran tahap pertama yang berjumlah Rp 400 miliar tersebut. Pertama, pembiayaan UMi (Ultra Mikro) yang disalurkan dari PIP ke Pegadaian sudah termasuk masa tanggung 6 bulan.

Kedua, dari dana Rp 400 miliar tersebut, Rp 100 miliar berbentuk pembiayaan syariah yang merupakan penyerahan pertama dari PIP ke Pegadaian.

Kebijakan pemberian dukungan terhadap UMKM merupakan langkah yang strategis karena sektor UMKM paling terdampak pandemi. Sektor UMKM berkontribusi siginifkan terhadap perekonomian yang menyumbang sekitar 57% produk domestik bruto (PDB). Oleh sebabnya, dukungan ini dapat langsung dirasakan oleh masyarakat.

Adapun beberapa kebijakan yang telah dilakukan pemerintah dalam mendukung daya tahan UMKM diantaranya memberi insentif perpajakan, restrukturisasi dan relaksasi kredit, subsidi bunga, serta bantuan kredit modal usaha.

Direktur Utama PT Pegadaian (Persero) Kuswiyoto menyebutkan, sebagai salah satu lembaga keuangan non bank yang menjadi salah satu penyalur pembiayaan UMi Pegadaian berkomitmen untuk membangkitkan usaha mikro yang terdampak pandemi melalui pembiayaan UMi.

“Pegadaian meneruskan program PIP melalui program Kreasi UMi. Hal ini untuk memberikan fasilitas pinjaman kepada pelaku usaha mikro yang kesulitan mengakses pembiayaan dari perbankan. Mulai tahun ini, Pegadaian juga akan menyalurkan pembiayaan UMi melalui produk gadai KCA-UMi untuk skema konvensional dan Rahn-UMi untuk skema syariah,” ujar Kuswiyoto.

Hingga 24 Juni 2020, Pegadaian telah menyalurkan pembiayaan Rp 618,36 miliar kepada lebih dari 93.604 debitur. Kuswiyoto berharap, melalui penyaluran tahap pertama ini, Pegadaian dapat mengejar penyaluran Rp 1,2 triliun untuk tahun 2020.

Baca Juga: Terdampak pandemi corona, NPL Pegadaian sempat naik di 3,5% pada akhir April

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×