kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,27   6,81   0.74%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Platform digital banking bakal jadi andalan perbankan


Senin, 20 Juli 2020 / 18:28 WIB
Platform digital banking bakal jadi andalan perbankan


Reporter: Anggar Septiadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perbankan mengandalkan paltform digital untuk tetap dapat mengucurkan kredit selama pandemi. Empat bank himpunan bank milik negara (Himbara) misalnya akhir pekan lalu meluncurkan platform DigiKU.

DigiKU merupakan platform yang diluncurkan untuk membidik pelaku UMKM untuk dapat tambahan modal hingga Rp 20 juta dengan tenor hingga 12 bulan. Proses permohonan secara digital bisa dilakukan hanya dalam 15 menit saja.

Baca Juga: Makin membaik, MTF salurkan pembiayaan Rp 527 miliar selama bulan Juni

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan yang turut hadir dalam acara peluncuran bilang, pemerintah telah menyiapkan dana Rp 4,2 triliun untuk disalurkan kepada sejuta pelaku UMKM.

Tak cuma secara kolektif, masing-masing bank Himbara juga turut mengandalkan platfrom digital secara mandiri maupun menggelar kerja sama dengan ekosistem digital. Ceria, platform digital milik PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) misalnya juga terus dioptimalkan, terutama selama pandemi.

Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani bilang selama pandemi, kinerja platform digital di segmen konsumer ini tumbuh signifikan. “Selama pandemi ada kenaikan 23%, setiap hari rata-rata pengajuan meningkat 8%, sehingga selama 2020 kami sudah menyalurkan pinjaman melalui Ceria senilai Rp 55 miliar,” katanya kepada Kontan.co.id, Senin (20/7).

Kemudahan akses yang ditawarkan oleh platform digital, termasuk Ceria diakui Handayani memang jadi solusi buat nasabah saat pandemi yang membuat mobilitas masyarakat terbatas. Via Ceria, proses pengajuan pinjaman bisa dilakukan hanya dalam 20 menit saja.

Baca Juga: Bank swasta tak mau ngotot mendorong kredit di tahun ini, kenapa?

Sementara strategi berbeda dilakukan oleh PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) yang menggandeng pasar daring maupun teknologi finansial (Tekfin) antar nasabah. Misalnya, Bukalapak, Tokopedia dan Shopee, Amartha, Crowde, Investree, Akseleran dan Koinworks.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×