Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dina Hutauruk
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rata-rata masyarakat Indonesia menghabiskan 3 jam 8 menit per hari di media sosial, menunjukkan potensi besar platform ini untuk dimanfaatkan secara produktif, termasuk menambah penghasilan.
Salah satu cara yang populer adalah affiliate marketing, yang memberi kesempatan pengguna media sosial mendapatkan pemasukan tambahan dengan mudah dan fleksibel. Survei Populix 2024 mencatat 67% responden menganggap program afiliasi menarik untuk menambah pendapatan.
Melihat peluang ini, Prudential Indonesia meluncurkan CUAP Bareng Prudential, program afiliasi digital yang menggabungkan peluang finansial dengan edukasi literasi keuangan dan kesadaran akan pentingnya proteksi kesehatan.
Mengusung kampanye #SegampangItu, program ini terbuka untuk semua kalangan—dari gen-Z, fresh graduate, ibu rumah tangga, kreator konten, hingga pekerja kantoran, untuk menjadi Cuapers (peserta CUAP). Mereka dapat memperoleh penghasilan tambahan sambil membagikan konten edukatif tentang asuransi di media sosial.
Baca Juga: Prudential Syariah Catat Pendapatan Kontribusi Rp 1 Triliun pada Kuartal I-2025
Langkah ini menjadi strategi Prudential menjawab rendahnya literasi keuangan dan penetrasi asuransi di Indonesia yang, menurut OJK, baru mencapai 2,72% per Februari 2025. Chief Customer and Marketing Officer Prudential Indonesia, Karin Zulkarnaen, menegaskan bahwa program ini juga merespons prediksi kenaikan inflasi medis hingga 19% pada 2025.
“Kami percaya bahwa edukasi keuangan dan pentingnya memiliki perlindungan harus menjadi bagian dari solusi untuk membantu masyarakat lebih siap menghadapi risiko di masa depan,” ujar Karin dalam keterangannya, Jumat (8/8).
Untuk memperluas dampak, Prudential menggandeng figur inspiratif, salah satunya kreator konten Leo Giovanni, yang membagikan tips membangun konten afiliasi efektif. Setiap Cuapers akan mendapatkan link affiliate yang dapat dibagikan di berbagai platform untuk menghubungkan calon nasabah dengan tenaga pemasar resmi Prudential. Setiap interaksi tercatat dan diubah menjadi insentif.
Baca Juga: Klaim Penyakit Kritis Prudential Indonesia Tumbuh 9% pada Kuartal I-2025
Program ini menyediakan materi konten siap pakai, dashboard pemantauan performa, insentif dari data nasabah yang terkumpul, dan bonus Rp200.000 untuk setiap polis baru yang disetujui. Prudential menjamin ekosistem yang aman, transparan, dan terstruktur.
“Melalui CUAP Bareng Prudential, kami ingin membangun kemandirian finansial masyarakat sekaligus memperluas edukasi tentang proteksi demi mendukung target Indonesia Emas 2045,” tutup Karin.
Selanjutnya: Pembiayaan Ketat Jadi Penyebab Turunnya Penjualan Sepeda Motor pada Semester I-2025
Menarik Dibaca: VIDA Ingatkan Risiko Simpan Dokumen di Galeri HP, Ini Tips Aman Simpan Dokumen
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News