Reporter: Nina Dwiantika | Editor: Nina Dwiantika
KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Dalam melayani nasabah, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) ingin mewujudkan layanan one stop solution bagi seluruh nasabah. Tidak hanya nasabah ritel, BRI turut serta memberikan layanan keuangan secara lengkap kepada nasabah korporasi.
Pimpinan Cabang BRI Jakarta Artha Gading, Gunariyadi mengatakan, di kantor cabang wilayah Artha Gading, banyak nasabah korporasi seperti di sektor ekspedisi, tambang dan kontraktor yang membutuhkan layanan cash management. Untuk itu, BRI turut menangani perputaran dana-dana nasabah korporasi tersebut agar lebih terkelola.
Salah satunya, lewat integrared corporate solution platform QLola milik BRI yang baru saja meluncur pada tahun 2022 lalu. QLola ini akan memudahkan nasabah dalam melakukan akses ke berbagai produk dan layanan BRI hanya dengan satu kali log in. “QLola itu ada banyak fitur yang bisa dimanfaatkan nasabah korporasi di cabang BRI Artha Gading,” kata Guna, saat ditemui KONTAN.
Guna menjelaskan fitur-fitur QLola by BRI ini seperti layanan cash management, trade finance, supply chain management, foreign exchange, investment services, financial dashboard dan layanan lagi yang dapat mengoptimalkan bisnis nasabah korporasi di BRI Artha Gading. “Lewat QLola nasabah bisa menikmati banyak layanan transaksi keuangan untuk korporasi hanya dengan satu akun,” tambahnya.
Baca Juga: Atur Keuangan Saat Ramadan dengan Buka Tabungan BRI via BRImo
QLola by BRI ini tentu sangat mendukung bisnis bagi nasabah korporasi di BRI Artha Gading. Terlebih cabang BRI di wilayah Jakarta ini menjadi nomor dua terbesar dalam layanan trade finance. Misalnya, hingga Januari 2024, transaksi trade finance di BRI cabang Artha Gading sekitar Rp 15 triliun secara year on year (yoy).
Tidak hanya trade finance, Guna menambahkan sebagai bank one stop solution, BRI juga melayani transaksi keuangan lain untuk nasabah korporasi. Diantaranya untuk penerbitan letter of credit (LC), bank garansi, hingga penukaran valuta asing (valas) antar rekening dengan rate yang cukup kompetitif dengan bank lain.
Dalam meningkatkan layanan kepada nasabah korporasi, BRI cabang Artha Gading semaksimal mungkin untuk mempercepat proses transaksi yang dibutukan pada setiap nasabah. Saat ini, dari jumlah nasabah BRI Artha Gading sebanyak 1.2000 nasabah, sekitar 10%-15% adalah nasabah korporasi dari kelompok ritel dan menengah.
Baca Juga: BRI Insurance Berkomitmen untuk Terus Konsisten Meningkatkan Kinerja
Tingkatkan fitur
Direktur Bisnis Wholesale dan Kelembagaan BRI, Agus Noorsanto mengungkapkan, peluncuran platform Qlola merupakan salah satu strategi transformasi digital untuk memberikan unique value proposition kepada nasabah.
Bank berplat merah ini terus berupaya meningkatkan fitur dan kapabilitas Qlola, seperti pada akhir 2023 telah ditambahkan fitur Global Cash Management System pada QLola yang dapat digunakan oleh nasabah BRI cabang luar negeri, antara lain BRI Singapore dan BRI Timor Leste.
QLola senantiasa memberikan kemudahan sehingga nasabah dapat memonitor aktivitas bisnisnya mulai dari holding atau principal hingga subsidiary, atau bahkan mitra yang ada di luar negeri.
Agus bilang, kemudahan dalam bertransaksi dan memonitor saldo rekening merupakan hal yang penting, Qlola Cash Maanagement Infopool merupakan solusi bagi nasabah untuk melakukan monitoring atas seluruh rekening perusahaan baik rekening di BRI maupun di bank lain dalam satu laporan.
“Nah, itu adalah salah satu fitur yang menarik yang kami siapkan untuk meningkatkan efisiensi nasabah,” kata Agus.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News