kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Raih Penghargaan dari BRI, Desa Kelawi Kembangkan Potensi Pariwisata


Selasa, 27 Februari 2024 / 15:40 WIB
Raih Penghargaan dari BRI, Desa Kelawi Kembangkan Potensi Pariwisata
ILUSTRASI. Kontan - BRI Ultra Mikro Kilas Online. Area pertanian di Desa Megulung Kidul, Desa Megulung kidul di Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. KONTAN/Muradi/2023/12/03


Reporter: Tim KONTAN, Vendy Yhulia Susanto | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk telah menyelenggarakan Ajang Desa BRILiaN 2023. Hal tersebut ditandai dengan pemberian apresiasi pada acara “Nugraha Karya Desa BRILiaN” pada 10 Januari 2024.

Apresiasi diberikan kepada desa-desa yang dinilai aktif bergerak maju mendorong ekonomi kerakyatan.

Juara Nasional Desa BRILiaN akan mendapatkan bantuan sarana prasarana pengembangan desa dari BRI. Perinciannya, Juara 1 mendapatkan hadiah senilai Rp 1 miliar, Juara 2 Rp 750 juta dan Juara 3 sebesar Rp 500 juta.

Baca Juga: Raih Juara Desa BRILiaN 2022 dari BRI, Desa Megulung Kidul Terus Tingkatkan Potensi

Adapun juara harapan 1 dan 2 masing-masing mendapatkan hadiah sebesar Rp 300 juta.

Selain itu, BRI juga memberikan apresiasi untuk kategori Desa Hijau, Desa Tata Kelola Terbaik, Pengembangan Wirausaha Terbaik, serta Desa Inovatif dan Digitalisasi Terbaik masing-masing sebesar Rp 200 juta.

Pihak BRI memberikan penilaian kepada desa partisipan berdasarkan empat aspek. Pertama, BUMDesa sebagai motor penggerak perekonomian desa. Kedua, digitalisasi dalam implementasi produk dan aktivitas di desa.

Ketiga, sustainability yakni ketangguhan dan kontinuitas membangun desa. Keempat, inovasi guna mendorong desa menjadi kreatif.

Salah satu desa yang mendapat apresiasi BRI pada Ajang Desa BRILiaN 2023 adalah Desa Kelawi, Lampung Selatan, Bandar Lampung.

Desa Kelawi berhasil meraih predikat Desa Hijau. Dengan demikian, Desa Kelawi mendapat apresiasi sebesar Rp 200 juta.

Camat Bakauheni Furqonuddin mengatakan, Kecamatan Bakauheni memiliki lima Desa. Yakni, Desa Bakauheni, Desa Kelawi, Desa Hatta, Desa Semanak dan Desa Totoharjo.

Ia bilang, salah satu pengembangan yang dilakukan di daerahnya adalah pengembangan wisata. Khusus dibidang pariwisata terdapat Desa Wisata yang pada tahun 2023 Desa Kelawi berhasil memboyong beberapa penghargaan bergengsi.

Antara lain, Juara II Anugerah Desa Wisata Indonesia ( ADWI ) Kategori Desa Wisata Maju, Rekor Muri Desa Wisata Pertama Yang Memiliki Varietas Buah Alpukat. "Serta Kategori Desa Hijau Nugraha Karya BRILiaN,” ucap Furqonuddin, Rabu (24/1).

Mengutip situs jadesta.kemenparekraf.go.id, beberapa destinasi unggulan di sekitar Desa Kelawi antara lain Pantai Minang Rua yang berada di Jalan Pariwisata Batu Alif, Dusun Minang Rua, Desa Kelawi, Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan.

Selain itu, ada juga wisata Taman Bawah Laut, wisata Batu Alif, wisata Green Canyon, wisata Air Terjun, dan wisata konservasi Penyu (tukik) dan wisata Goa Kelelawar.

Bagi wisatawan, akses Desa Kelawi terbilang dekat dari Jakarta. Sebab, jaraknya hanya sekitar 4,7 kilometer dari Pelabuhan Bakauheni atau hanya sekitar 12 menit menggunakan kendaraan.

Baca Juga: Juara Desa BRILiaN, Desa Padang Panjang Genjot Potensi Karet hingga Budi Daya Ikan

Sementara jika dari pusat kota Bandar Lampung, jarak ke Desa Kelawi sekitar 91 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 1,5 jam lewat jalan tol atau 2 jam melalui jalan biasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×