kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,82   11,02   1.24%
  • EMAS1.333.000 0,45%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Raih Juara 3 Desa BRILiaN, Pelajar di Desa Megulung Kidul Dapat Beasiswa dari BRI


Selasa, 20 Februari 2024 / 15:58 WIB
Raih Juara 3 Desa BRILiaN, Pelajar di Desa Megulung Kidul Dapat Beasiswa dari BRI
ILUSTRASI. Kontan - BRI Ultra Mikro Kilas Online. Produksi usaha mikro gula merah di Desa Megulung Kidul, Desa Megulung kidul di Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. KONTAN/Muradi/2023/12/03


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Desa Megulung Kidul mendapat banyak keuntungan setelah meraih Juara III Desa BRlLiaN 2022 yang digagas PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI. Desa yang terletak di Kecamatan Pituruh, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah itu juga menjadi tempat pelaksanaan berbagai program pemberdayaan masyarakat oleh BRI.

Belum lama ini, BRI membagikan bantuan beasiswa kepada pelajar di Desa Megulung Kidul. Kepala Desa Megulung Kidul, Malik Khairul Anam, mengucapkan terima kasih kepada BRI yang telah memberikan bantuan beasiswa senilai Rp100 juta untuk pelajar berprestasi di Desa Megulung Kidul.

"Kemarin ada juga beasiswa Rp100 juta untuk 20 siswa berprestasi di Megulung Kidul. Berarti masing-masing mendapat Rp5 juta," ujar Malik.

Baca Juga: Raih Juara Desa BRILiaN 2022 dari BRI, Desa Megulung Kidul Terus Tingkatkan Potensi

Tim Kontan pun berkesempatan mengunjungi Sekolah Dasar (SD) Negeri Megulung Kidul yang menjadi salah satu penerima alokasi beasiswa dari BRI. Kepala Sekolah SD Negeri Megulung Kidul Saino menjelaskan, sekolahnya menerima alokasi beasiswa sebesar Rp50 juta yang diberikan kepada 10 siswa berprestasi.

Bantuan beasiswa tersebut tidak hanya ditujukan kepada siswa berprestasi secara akademik, tetapi juga di bidang non-akademik. Secara rinci, beasiswa diberikan kepada pelajar yang menjadi juara kelas atau peringkat pertama pada setiap angkatan. Selain itu, siswa berprestasi pada bidang seni dan sebagainya juga mendapat beasiswa dari BRI.

"Jadi kebetulan bisa diusulkan untuk yang akademik maupun yang non-akademik. Yang non-akademik ada yang menjadi juara lomba tilawah, ada yang dari tembang macapat, dan ada yang lomba menyanyi duet," terang Saino.

BRI juga mengucurkan dana corporate social responsibility (CSR) untuk Desa BRlLiaN Megulung Kidul sebesar Rp1 miliar. Bantuan tersebut nantinya digunakan untuk mengembangkan sejumlah klaster yang terdapat di Desa Megulung Kidul seperti klaster perikanan, klaster batik, klaster gula merah, hingga klaster anggur.

Baca Juga: Dukung Usaha Ultra Mikro, PNM ULaMM Bisa Diangsur Lewat ATM Hingga Kantor Pos

"Dengan adanya bantuan CSR BRI, kami buatkan showroom UMKM, dan juga ada pemberdayaan lain seperti klaster anggur, gula merah, budidaya perikanan, semua mendapat alokasi dari dana CSR tersebut," terang Malik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×