kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,82   11,02   1.24%
  • EMAS1.333.000 0,45%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Raih Juara Desa BRILiaN 2022 dari BRI, Desa Megulung Kidul Terus Tingkatkan Potensi


Jumat, 02 Februari 2024 / 19:43 WIB
Raih Juara Desa BRILiaN 2022 dari BRI, Desa Megulung Kidul Terus Tingkatkan Potensi
ILUSTRASI. Kontan - BRI Ultra Mikro Kilas Online. Area pertanian di Desa Megulung Kidul, Desa Megulung kidul di Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. KONTAN/Muradi/2023/12/03


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Desa Megulung Kidul, sebuah desa di Kecamatan Pituruh, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, menjadi terkenal setelah berhasil menjadi juara III dalam ajang Desa BRILiaN 2022 dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI. Desa ini berhasil menyisihkan ribuan desa lain dari seluruh Indonesia.

Keberhasilan Desa Megulung Kidul tentu tidak lepas dari kerja keras dan inovasi yang dilakukan oleh masyarakat desa. Berkat usaha itu pula, kini Desa Megulung Kidul memiliki keunggulan sebagai desa agrowisata di Jawa Tengah.

Melalui ajang Desa BRILiaN, Desa Megulung Kidul mendapat hadiah Rp50 juta dan dana corporate social responsibility atau CSR dari BRI sebesar Rp1 miliar. "Alhamdulillah setelah kompetisi Desa BRILiaN kami juga menerima CSR berupa dana sebesar Rp1 miliar dari BRI, ini sangat membantu sekali, sangat bermanfaat sekali," ujar Kepala Desa Megulung Kidul, Malik Khairul Anam.

Baca Juga: Warga Desa Megulung Kidul Mudah Akses KUR BRI Setelah Raih Juara Desa BRILiaN 2022

Malik mengungkapkan, dana tersebut akan digunakan untuk pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kridha Manunggal Jaya. Salah satu pengembangan yang dilakukan adalah pembangunan Dusun Sabin, sebuah tempat agrowisata kebun anggur yang juga dilengkapi kafe dan resto.

Saat Tim KONTAN berkunjung pada Desember 2023 lalu, Dusun Sabin dalam tahap renovasi untuk meningkatkan fasilitas. Tak hanya membangun ruang pertemuan, BUMDes juga akan melengkapi kawasan Dusun Sabin dengan ruang pamer (showroom) untuk produk-produk milik usaha mikro kecil menengah atau UMKM.

Pengembangan Dusun Sabin diharapkan dapat meningkatkan daya tarik wisata desa. Selain itu, pengembangan ini juga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat desa.

"Saat ini masih dalam tahap pengerjaan. Insya Allah selambat-lambatnya Februari sudah launching Dusun Sabin dengan wajah baru, alokasi dana dari CSR BRI," kata Malik.

Selain pengembangan Dusun Sabin, Desa Megulung Kidul juga memanfaatkan dana CSR BRI untuk pengembangan sejumlah klaster usaha yang menjadi andalan desa ini. Klaster usaha unggulan di desa ini antara lain klaster perikanan, klaster batik, klaster kelapa, klaster gula merah dan klaster anggur.

"Ada pemberdayaan bagi klaster usaha, seperti klaster anggur, gula merah, budidaya perikanan. Itu semua mendapat alokasi dari dana CSR tersebut," kata Malik.

Baca Juga: Selain Kredit Usaha, BRI dan Holding UMi Sediakan Kredit Konsumtif Bagi Nasabah

Mengutip Kompas.com, ajang Desa BRILiaN 2022 terbagi menjadi tiga batch yang diikuti oleh 2.100 desa di seluruh Indonesia yang tiap batch-nya terdapat 700 desa. Desa Megulung Kidul sendiri masuk ke dalam batch tiga dan terpilih menjadi Juara 1.

Kemudian, setiap perwakilan batch diundang oleh BRI untuk hadir di Jakarta. Dari 15 desa yang masuk dalam finalis terbaik Nugraha Karya Desa BRILiaN 2022, Desa Megulung Kidul terpilih menjadi juara ketiga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×