kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rasio kecukupan modal tebal, bank kecil upayakan penambahan modal


Minggu, 15 April 2018 / 16:54 WIB
Rasio kecukupan modal tebal, bank kecil upayakan penambahan modal
ILUSTRASI. Bank Ina Perdana


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah bank kecil mengatakan saat ini kondisi permodalan masih cukup tebal untuk melakukan ekspansi tahun ini. Hal ini juga tercermin dari rasio kecukupan modal atau capital adequacy ratio (CAR) BUKU I yang berada di posisi 21,18% per Januari 2018. Sementara BUKU II sebesar 26,45% di awal tahun ini berdasarkan statistik perbankan yang dirilis oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Salah satunya PT Bank Ina Perdana Tbk yang mengatakan posisi CAR berada di level 62% per akhir Maret 2018 lalu. Sementara modal inti perseroan terjaga sebesar Rp 1,19 triliun.

Artinya, Edy menyebut modal tersebut masih sangat cukup untuk mendorong ekspansi kredit maupun antisipasi kredit macet perseroan pada tahun ini.

Meski begitu, bank bersandi emiten saham BINA ini menjelaskan bank-bank kecil memang harus memupuk modalnya agar meningkatkan kelas bank tersebut. Dengan kata lain, hal ini sejalan dengan rencana OJK yang ingin mendorong konsolidasi perbankan saat ini.

Bahkan, Edy menilai di era digital saat ini, permodalan bank paling tidak harus berada di level BUKU III atau dengan modal inti sebesar Rp 5 triliun.

"Ke depan permodalan ukurannya bukan CAR tapi tebalnya jumlah modalnya, sehingga untuk mampu bersaing perlu minimal permodalan bank BUKU III," ungkap Edy kepada Kontan.co.id, Jumat (13/4) lalu.

Senada, meski tak ada rencana untuk menambah modal dalam waktu dekat, PT Bank Mayora juga sepakat dalam jangka panjang bank kecil harus memperkuat struktur permodalannya.

"Untuk jangka panjang tentunya kami akan tetap memenuhi aturan dari OJK dalam hal pemenuhan kebutuhan modal," katanya. Pun, saat ini CAR Bank Mayora masih terjaga di atas 23% per akhir Maret 2018 lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×