kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 2.294.000   -9.000   -0,39%
  • USD/IDR 16.585   5,00   0,03%
  • IDX 8.258   6,92   0,08%
  • KOMPAS100 1.128   -3,16   -0,28%
  • LQ45 794   -6,53   -0,82%
  • ISSI 295   3,34   1,15%
  • IDX30 415   -3,30   -0,79%
  • IDXHIDIV20 467   -5,39   -1,14%
  • IDX80 124   -0,60   -0,48%
  • IDXV30 134   -0,53   -0,39%
  • IDXQ30 130   -1,48   -1,13%

Rebutan Debitur Makin Ketat, Bank Permata Fokus Pertahankan Nasabah Eksisting


Jumat, 10 Oktober 2025 / 16:17 WIB
Rebutan Debitur Makin Ketat, Bank Permata Fokus Pertahankan Nasabah Eksisting
ILUSTRASI. Bank Permata bertekad jaga nasabah di tengah suntikan likuiditas bank Himbara yang diguyur Rp 200?triliun, fokus pada loyalitas dan layanan prima.


Reporter: Vatrischa Putri Nur | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Di tengah makin ketatnya perebutan debitur perbankan setelah likuiditas mengucur deras ke Himbara (Himpunan Bank Milik Negara), PT Bank Permata Tbk (BNLI) menekankan jika pihaknya terus fokus untuk mempertahankan nasabah eksisting.

Kekhawatiran akan terjadi perebutan debitur mulai mencuat setelah Himbara menerima suntikan dana atau likuiditas sebesar Rp 200 triliun dari pemerintah. Sebab dengan dana yang melimpah, bank-bank BUMN memiliki kapasitas lebih besar untuk agresif menawarkan kredit dan produk keuangan kepada debitur, termasuk korporasi besar.

Hal ini dapat bisa menyebabkan perebutan debitur yang makin ketat, di mana sejumlah bank swasta khawatir debitur mereka akan diambil alih (takeover) ke bank-bank pelat merah.

Baca Juga: Saham Permata Bank (BNLI) Meroket 500% Sepanjang Tahun 2025, Begini Kata Perusahaan

Menyikapi hal ini, Presiden Direktur Permata Bank Meliza Musa Rusli bilang, jika masing-masing bank pada dasarnya memiliki nasabah yang sudah loyal. Pun, hingga saat ini Meliza melihat kinerja Permata Bank masih sesuai dengan proyeksi dan kondisi industri.

“Saya rasa semua Bank swasta memiliki customer-customer, nasabah-nasabah yang selalu loyal pada masing-masing banknya. Dan kami merasa bahwa kita masih berada di dalam proyeksi sesuai dengan industri hari ini,” beber Meliza saat ditemui di Mampang Jakarta Selatan, Jumat (10/10/2025).

Oleh sebab itu, Meliza menyampaikan jika Permata Bank bakal lebih fokus untuk mempertahankan nasabah atau debitur eksisting dengan beragam strategi. Salah satunya yakni dengan memperdalam hubungan dan juga memperdalam pengetahuan mengenai industri kepada nasabah.

Kemudian strategi kedua ialah memberikan value berlebih dengan menggenjot optimalisasi pelayanan kepada nasabah, yakni dengan memaksimalkan kompetensi dan pengetahuan karyawan Permata Bank.

“Kemudian yang kedua, kita harus bisa memberikan added value di luar dari produk-produk yang ada. Terutama dari sisi pengetahuan daripada karyawan-karyawan kami untuk bisa memberikan pelayanan kepada customer,” pungkasnya.

Selanjutnya: 7 Daftar Buah Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Menarik Dibaca: 7 Daftar Buah Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
AYDA dan Penerapannya, Ketika Debitor Dinyatakan Pailit berdasarkan UU. Kepailitan No.37/2004 Pre-IPO : Explained

[X]
×