kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Sasar nasabah milenial, Pegadaian luncurkan layanan G-Cash


Senin, 29 Juli 2019 / 19:15 WIB

Sasar nasabah milenial, Pegadaian luncurkan layanan G-Cash

KONTAN.CO.ID - YOGYAKARTA. PT Pegadaian (persero) semakin gencar menyediakan layanan digital kepada konsumen, khususnya milenial. Baru-baru ini Pegadaian meluncurkan produk digital bernama G-Cash.

Direktur Teknologi Informasi dan Digital Pegadaian Teguh Wahyono menjelaskan G-cash merupakan akun virtual untuk melakukan transaksi secara digital tanpa perlu memiliki rekening bank. Menurutnya, kehadiran layanan ini diharapkan bisa memperbesar porsi transaksi non-kas yang saat ini masih 5%.

Baca Juga: Mau Gadai Saham ke Pegadaian? Simak Ketentuannya

“Kalau sekarang transaksi Pegadaian 95% secara kas. Kami sadar betul, nasabah perusahaan bukan milenial semua tetapi ibu-ibu yang ingin belanja langsung dan juga memerlukan waktu untuk bertransaksi,” kata Teguh di Yogyakarta, beberapa waktu lalu.

Dengan mendorong transaksi non-kas, kata Teguh, dinilai lebih aman dan efisien karena menekan beban bunga. Bayangkan saja, transaksi secara kas Pegadaian mencapai Rp 500 miliar dari total 4.300 outlet yang tersebar di Indonesia.

Melalui layanan tersebut nasabah bisa mendapatkan kemudahan untuk mentransfer uang, tarik tunai, isi ulang saldo, pembayaran belanja online maupun produk Pegadaian. Adapun bank pendukung seperti BNI dan BRI.

Baca Juga: Masih diuji coba, layanan gadai saham Pegadaian diklaim dapat respons positif

“Kita menggunakan G-cash bisa untuk mengambil uang ke bank, juga melakukan transaksi pembayaran seperti rekening bank biasa,” tambahnya.

Gadai milik pemerintah ini membidik volume transaksi sebanyak-banyak di tahun ini. Sementara target pasar sendiri hanya untuk memenuhi kebutuhan nasabah Pegadaian. Maka itu perusahaan pelat merah ini tidak berniat menyaingi perusahaan payment lain seperti OVO maupun LinkAja.

Meski sama-sama melayani transaksi digital tapi ada yang membedakan G-Cash dengan yang lain. Pertama, nasabah bisa buka rekening virtual G-Cash melalui aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS) selayaknya rekening bank biasa.

Baca Juga: Pegadaian Sudah Siap IPO, Tinggal Menunggu Izin Menteri Rini Soemarno

Kedua, transaksi melalui G-Cash justru tidak ada batasannya. Sedangkan transaksi platform payment lain dibatasi oleh aturan Bank Indonesia (BI).

 


Reporter: Ferrika Sari
Editor: Tendi

Tag
TERBARU
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0013 || diagnostic_api_kanan = 0.0023 || diagnostic_web = 0.1962

Close [X]
×