kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,15   -4,52   -0.50%
  • EMAS939.000 0,21%
  • RD.SAHAM 0.83%
  • RD.CAMPURAN 0.50%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.03%

Setelah DKI Jakarta, Maipark akan pasang borehole seismometer di Surabaya


Selasa, 27 Agustus 2019 / 20:27 WIB
Setelah DKI Jakarta, Maipark akan pasang borehole seismometer di Surabaya
ILUSTRASI. Acara pemasangan borehole seismometer MAIPARK

Reporter: Agustinus Respati | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Group R&D PT Reasuransi Maipark Indonesia bekerja sama dengan LAPI ITB melakukan pemasangan Borehole Seismometer di area parkir PT Asuransi Wahana Tata (Aswata), Jakarta.

Acara ini merupakan pemasangan terakhir dari tujuh rangkaian di wilayah Jakarta. "Yang ini khusus Jakarta memastikan Sesar Baribis aktif atau tidak. Setelah dari sini, kami akan pindah ke Jawa Timur, Surabaya. Di sana exposure-nya tinggi juga karena ada Sesar Kendeng," kata Direktur Utama PT Reasuransi Maipark Indonesia Ahmad Fauzie Darwis, pada Selasa (27/8).

Baca Juga: Kemenkeu gelontorkan Rp 23 miliar untuk bayar premi asuransi barang milik negara

Pemasangan borehole seismometer ini akan berlangsung selama setahun penuh. Setelah itu, alat tersebut akan dipindah ke tempat lain. Selain Kota Surabaya, pihaknya menyebut ada kemungkinan akan dilakukan di kota luar Pulau Jawa. Ambil contoh, Padang, Bengkulu, dan Manado ada dalam radar Maipark .

Selain itu, Maipark juga telah menyiapkan modeling untuk tsunami dan gunung berapi. Pihaknya mengakui untuk modeling tsunami, penelitiannya akan rampung tahun depan.

Sedangkan untuk modeling gunung berapi, fokusnya baru di Pulau Jawa. Maipark juga menyiapkan perluasan modeling untuk banjir meliputi daerah industri seperti Karawang.

Baca Juga: Maipark pasang borehole seismometer untuk identifikasi sesar baribis

"Pagarnya Maipark itu riset, bukan bisnis. Kami kan diminta industri untuk merumuskan regulasi tarif, tapi bukan regulator. Maka dari itu Maipark butuh riset," terang dia.

Untuk alat borehole seismometer, Maipark membelinya sendiri. Pihaknya mengakui kalau sewa, biayanya cukup tinggi. Alat ini mampu digunakan hingga sepuluh tahun.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Panduan Cepat Investasi Reksadana dan Saham (VIRTUAL) NEGOTIATION FOR EVERYONE Batch 2

[X]
×