kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45941,64   9,30   1.00%
  • EMAS1.035.000 -0,48%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Suzuki Finance Kantongi Peringkat idA- dari Pefindo


Minggu, 04 Desember 2022 / 14:25 WIB
Suzuki Finance Kantongi Peringkat idA- dari Pefindo
ILUSTRASI. Pelayanan nasabah di Suzuki Finance, Kedoya, Jakarta Barat, Selasa (3/5). KONTAN/Baihaki/3/5/2011


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Suzuki Finance Indonesia (SUFI) telah mengantongi peringkat idA- yang didapat dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo). Adapun, prospek peringkat perusahaan tersebut stabil

Dalam keterangan resminya, Pefindo menyebut peringkat tersebut mencerminkan status SUFI sebagai anak perusahaan Suzuki Motor Corporation (SMC) yang strategis dan penting, kapitalisasi yang kuat, dan likuiditas yang kuat dan fleksibilitas keuangan. 

“peringkat tersebut dibatasi oleh kualitas aset yang lemah dan kinerja profitabilitas yang sederhana,” tulis Pefindo seperti dikutip dalam keterangan resminya, Minggu (4/12).

Meski demikian, peringkat dapat dinaikkan jika SUFI secara signifikan dan konsisten memperkuat posisi pasarnya di industri pembiayaan, yang mungkin berasal dari sinergi bisnis yang lebih kuat dengan Induknya, sekaligus terus meningkatkan kinerja keuangannya, terutama kualitas aset dan profitabilitasnya. 

Baca Juga: Jaga Kualitas Aset, BRI Finance Targetkan NPF di Bawah Level 2,5%

Sebaliknya, peringkat dapat diturunkan jika kualitas aset atau profitabilitas perusahaan menunjukkan penurunan lebih lanjut. Peringkat tersebut juga dapat diturunkan jika permodalannya memburuk secara signifikan.

Didirikan pada Januari 2005, SUFI awalnya bergerak di bidang jasa pembiayaan sepeda motor baru Suzuki. Pada tahun 2009, Perusahaan mulai membiayai mobil dan sepeda motor bekas non-Suzuki. 

Per 30 September 2022, perusahaan telah mengoperasikan 78 cabang yang tersebar di kota-kota besar di Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi, didukung oleh 1.683 karyawan. 

Kepemilikan sahamnya paling besar dimiliki oleh Suzuki Motor Corporation sebanyak 84%, Dilanjutkan dengan PT Tritunggal Inti Permata yang memiliki 15% saham, dan PT Indomobil Multi Jasa yang memiliki 1% saham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Complete Three Statement Modeling Financial Statement Analysis

[X]
×