kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45955,94   -0,66   -0.07%
  • EMAS1.028.000 1,08%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Tak Mau Ulangi Kesalahan, Bank Muamalat Targetkan Bisa Menjaga NPF Net di Bawah 1%


Jumat, 30 September 2022 / 20:11 WIB
Tak Mau Ulangi Kesalahan, Bank Muamalat Targetkan Bisa Menjaga NPF Net di Bawah 1%
ILUSTRASI. Customer Service melayani nasabah di kantor cabang Bank Muamalat Tangerang Selatan, Banten, Rabu (14/9/2022). /pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/14/09/2022.


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tidak mau mengulang kesalahan di masa lalu, PT Bank Muamalat Indonesia Tbk menyatakan lebih selektif dalam menyalurkan pembiayaan. Direktur Utama Bank Muamalat Achmad Kusna Permana menargetkan bisa menjaga pembiayaan bermasalah bersih atau non performing finance (NPF) net di bawah 1%. 

Maklum, di masa lalu Bank Muamalat pernah mencatatkan NPF gross di level 5,41% di Juni 2019. Adapun per Juni 2022, NPF gross di level 2,22% dan NPF net di posisi 0,66%. 

“Sekarang Bank Muamalat sudah jelas risk appetite-nya, kita tidak mau kemana-mana lagi. Fokus di ekosistem Islam juga ekosistem haji dan umrah. Baik untuk ritelnya maupun UMKM yang sangat targeted,” ujar Permana di Jakarta pada Jumat (30/9). 

Baca Juga: LPS: Suku Bunga Simpanan Perbankan Naik 11 bps Sejak Akhir Agustus

Untuk segmen korporasi, bank Muamalat hanya ingin menyalurkan pembiayaan ke sektor BUMN dan perusahaan dengan rating AAA. Walaupun ia mengakui margin yang diperoleh akan relatif kecil.

“Tidak masalah margin relatif kecil, yang penting tumbuh dulu jangan agresif kemana-kemana, target nya disini. Terlebih dalam dua tahun terakhir kami tidak menyalurkan pembiayaan karena fokus pada pencarian pemodal,” paparnya. 

Dengan strategi itu, ia berharap NPF net bisa dijaga di bawah 1%. Ia menyebut setiap penyaluran pembiayaan memiliki risiko, terlebih di masa pasca pandemi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×