kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

TaniFund salurkan pendanaan Rp 89,2 miliar ke petani


Minggu, 24 Januari 2021 / 13:01 WIB
TaniFund salurkan pendanaan Rp 89,2 miliar ke petani
ILUSTRASI. TaniFund menyalurkan pendanaan senilai Rp 89,2 miliar ke petani.


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Platform crowdfunding, TaniFund telah menyalurkan pendanaan sebesar Rp 89,2 miliar melalui 243 proyek dalam bidang pangan dan agrikultur. Hal ini mendorong peningkatan produksi 2.500 petani binaan hingga 20%.

"Tidak hanya itu, semangat TaniFund dalam meningkatkan inklusi keuangan terlihat pada peningkatan pendapatan petani binaannya secara umum sebesar 25% dengan kepemilikan rekening bank mencapai angka 100%," kata Pamitra Wineka, Presiden TaniHub Group dalam keterangan resmi, pekan lalu.

Guna menjaga kualitas produk, unit pemrosesan dan pengemasan milik TaniHub Group yang bertempat di Malang juga beroperasi tahun 2020. Unit usaha ini melengkapi dan memaksimalkan rantai pasok dari berbagai fasilitas distribusi regional yang sebelumnya telah tersebar di lima kota, yakni Bogor, Bandung, Kartasura, Surabaya, dan Denpasar.

"Kami tetap akan meningkatkan usaha dan peran kami bagi pertanian Indonesia, walau mungkin tahun 2021 juga akan memiliki tantangannya sendiri," tambah Pamitra.

Baca Juga: Genjot kredit pertanian, BRI Agro jalin kerja sama dengan Tanihub

Sebagai langkah awal untuk memperkuat komitmen dalam memajukan pertanian negeri, TaniHub Group akan melakukan berbagai langkah percepatan mulai dari digitalisasi ekosistem, otomatisasi proses rantai pasok, penambahan jumlah petani yang terdampak, dan peningkatan pengukuran dampak sosial.

TaniHub Group mencatatkan pertumbuhan bisnis sebesar 639% yoy pada tahun lalu. Salah satu strateginya dengan memaksimalkan pertumbuhan melalui kecepatan dan ketepatan langkah TaniHub Group dalam menyiasati pandemi Covid-19.

Prestasi TaniHub Group ditopang oleh inovasi-inovasi yang difokuskan untuk ketiga unit bisnis yaitu TaniHub sebagai platform e-commerce untuk produk pangan dan pertanian, TaniFund sebagai platform fintech permodalan bagi mitra petani, dan TaniSupply sebagai unit yang terus memperbaiki rantai pasok pertanian.

"Apa yang telah dilakukan selama tahun 2020 ini sejalan dengan capaian tingkat kepuasan pelanggan yang mencapai lebih dari 95%, dengan pelayanan pengantaran pesanan pada hari yang sama lebih dari 90%," kata Pamitra.

Selanjutnya: Ini daftar fintech lending yang berizin dan terdaftar di OJK

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×