kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Taspen akan akan tingkatkan investasi di Taspen Life dan Bank Mantap


Rabu, 16 Januari 2019 / 19:06 WIB
Taspen akan akan tingkatkan investasi di Taspen Life dan Bank Mantap

Reporter: Galvan Yudistira | Editor: Tendi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Taspen berencana akan meningkatkan investasi langsung pada tahun ini. Hal ini dilakukan seiring dengan investasi di instrumen saham yang mengalami penurunan.

Iqbal Latanro Direktur Utama PT Taspen pada tahun ini akan merubah portofolio investasi dengan memperbesar investasi langsung. “Kami akan perbesar investasi di Bank Mantap dan Taspen Life,” kata Iqbal ketika ditemui di Sentul International Convention Center, Rabu (16/1).


Untuk meningkatkan investasi di dua perusahaan keuangan ini, Taspen akan menyelenggaran RUPS dalam waktu dekat. Sebagai gambaran saja, Taspen memiliki 99% saham di PT Asuransi Jiwa Taspen alias Taspen Life.

Sementara untuk realisasi kinerja investasi pada 2018 lalu, Iqbal mengakui hasilnya tidak cukup bagus hal ini disebabkan karena turunnya indeks IHSG. Namun ia mengklaim pengelola dana pensiun aparatur sipil negara ini masih mendapat hasil di atas rata rata industri.

Secara umum sekitar 61% investasi Taspen ditempatkan pada instrumen surat berharga. Namun untuk produk dana tabungan hari tua pensiun penempatan terbesar adalah di saham.

Meskipun realisasi investasi belum optimal, Iqbal bilang dana kelolaan pensiun Taspen masih mengalami kenaikan. Kenaikan ini terjadi pada dua produk utama Taspen yaitu dana tabungan hari tua pensiun dan program pensiun.

Pada tahun ini, Ia menyebut Taspen memproyeksi pertumbuhan dana kelolaan pensiun yang relatif flat dibanding 2018. Untuk mengoptimalkan kinerja seiring dalam kondisi seperti ini, Taspen akan makin rajin melakukan efisiensi.




TERBARU

Close [X]
×