kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45910,98   -12,52   -1.36%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Transaksi Bank Mandiri lewat kantor cabang semakin berkurang


Selasa, 16 November 2021 / 17:00 WIB
Transaksi Bank Mandiri lewat kantor cabang semakin berkurang


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Transaksi perbankan lewat kantor cabang semakin menurun seiring dengan makin tingginya adaptasi transaksi digital pada nasabah. Alhasil, komposisi transaksi lewat kantor terhadap transaksi bank sudah sangat kecil.

Ke depan, transaksi lewat cabang juga diperkirakan akan semakin berkurang. Oleh karena itu, perbankan sudah mulai mengubah konsep jaringan kantornya menyesuaikan perkembangan digital agar bisa lebih efisien.

Di PT Bank Mandiri Tbk misalnya, transaksi ritel lewat e-channel sudah lebih dari 96% per kuartal III 2021. Sementara transaksi ritel sudah lebih 98% dilakukan lewat digital.

Baca Juga: Mitigasi risiko kolaborasi ekosistem digital, begini strategi Bank Mandiri

"Secara persentase transaksi dari jaringan kantor (non e-channel) relatif menurun seiring dengan semakin banyaknya nasabah bertransaksi lewat e-channel," kata SVP Transaction Banking Retail Sales Bank Mandiri pada Kontan.co.id, Selasa (16/11).

Thomas mengatakan, Bank Mandiri akan mengarahkan peran kantor cabangnya ke depan untuk fokus pada pelayanan kepada nasabah seperti informasi dan penawaran produk baru, konsultasi produk dan layanan perbankan, dan kegiatan perbankan lainnya. Sedangkan transaksi finansial diharapkan dapat mulai beralih ke Self-service Machine dan digital  channel.

Dengan perkembangan digitalisasi, Bank Mandiri akan mengubah format jaringan kantor ke depan. Perseroan sudah memiliki inisiatif mengembangkan Branch of the Future untuk menjawab kebutuhan akan kecepatan, ketepatan dan keandalan dalam bertransaksi perbankan.

Kantor cabang masa depan ini akan mampu mengintegrasikan seluruh layanan baik melalui channel Branch, Self-service Machine, Digital Channel, Remote Channel maupun channel lainnya.

"Di dalam Branch of the Future selain terdapat proses bisnis baru, juga ditambahkan layanan baru seperti Video Conference Box di mana nasabah dapat berinteraksi dengan Agent Video Banking secara remote dan CS Machine untuk membantu penggantian kartu dan pembukaan rekening," kata Thomas.

Baca Juga: Bank Mandiri menanti aturan kolaborasi lembaga jasa keuangan

Saat ini, pembukaan rekening baru juga telah dapat dilakukan secara full online melalui aplikasi New Livin' by Mandiri yang dapat diunduh di Google Play Store maupun AppStore dengan berbagai fitur baru.

Seiring dengan pertumbuhan jumlah pengguna, laju transaksi finansial nasabah Bank Mandiri melalui Livin' by Mandiri juga melesat hingga 62,5% secara tahunan menembus 696,2 juta transaksi dengan nilai transaksi menyentuh Rp1.152,5 triliun per akhir September 2021 atau tumbuh 55,8% yoy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×