kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.705.000   1.000   0,06%
  • USD/IDR 16.318   28,00   0,17%
  • IDX 6.748   -54,81   -0,81%
  • KOMPAS100 996   -9,48   -0,94%
  • LQ45 769   -7,95   -1,02%
  • ISSI 211   -0,75   -0,35%
  • IDX30 399   -3,09   -0,77%
  • IDXHIDIV20 481   -2,78   -0,58%
  • IDX80 112   -1,12   -0,98%
  • IDXV30 118   -0,20   -0,17%
  • IDXQ30 131   -1,06   -0,81%

Transaksi GoPay, OVO, LinkAja hingga Dana melonjak selama Ramadan


Kamis, 14 Mei 2020 / 22:47 WIB
Transaksi GoPay, OVO, LinkAja hingga Dana melonjak selama Ramadan
ILUSTRASI. Ilustrasi Link Aja. KONTAN/Fransiskus Simbolon/28/02/2019


Reporter: Annisa Fadila | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bulan Ramadan yang berlangsung di tengah pandemi membuat kebiasaan masyarakat ikut berubah. Hal itu dibuktikan dengan meningkatnya jumlah transaksi online guna memenuhi kebutuhannya.

PT Fintek Karya Nusantara alias LinkAja mencatat, sejak adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga Ramadan pihaknya mencatat terdapat kenaikan transaksi pada merchant online delivery order, khususnya belanjaan rumah tangga.

Baca Juga: AFPI prediksi NPL fintech terus meningkat

Head of Corporate Communications LinkAja Putri Dianita mengatakan, meski merchant online mengalami kenaikan, namun kebutuhan dasar seperti pembelian pulsa, token listrik hingga pembayaran tagihan masih stabil. Sayang, Putri enggan berkomentar terkait persentase kenaikan transaksi tersebut.

“Mengacu pada data LinkAja, merchant online delivery memang mengalami kenaikan, namun ada beberapa kategori yang pergerakannya masih stabil. Hal itu mencakup kebutuhan dasar seperti pembelian pulsa,” ujar Putri kepada Kontan.co.id, Kamis (14/5).

Putri bilang, untuk mempertahankan bisnis dan meningkatkan jumlah pengguna, pihaknya akan memperkaya layanan dan memperluas ekosistem agar dapat dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat, khususnya segmen unbanked dan underbanked.

“Ke depannya, LinkAja berencana untuk melakukan eksplorasi ke potensi bisnis yang terkait, seperti credit scoring, analisis, financial service dan advertising yang dilakukan melalui kolaborasi dengan perbankan,” paparnya.

Baca Juga: Di tengah pandemi, bisnis Investree diklaim masih stabil

Hal senada juga dirasakan PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) dengan brand GoPay. Sejak Ramadan, tercat , kenaikan transaksi GoPay untuk pembelian online naik signifikan dalam kurun waktu kurang dari 1 bulan terakhir.

Kenaikan transaksi juga terjadi pada kategori pembayaran tagihan bulanan melalui GoBills, GoPulsa, voucher game online hingga belanja online.



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Finance for Non Finance Entering the Realm of Private Equity

[X]
×