kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Transaksi lewat cabang kian berkurang, bank akan ubah konsep jaringan kantornya


Selasa, 16 November 2021 / 18:49 WIB
Transaksi lewat cabang kian berkurang, bank akan ubah konsep jaringan kantornya
ILUSTRASI. Transaksi nasabah lewat kantor cabang makin berkurang. Bank pun akan mengubah konsep jaringan kantornya.


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Transaksi perbankan lewat kantor cabang semakin menurun seiring dengan makin tingginya adaptasi transaksi digital pada nasabah. Alhasil, komposisi transaksi lewat kantor terhadap transaksi bank sudah sangat kecil. 

Ke depan, transaksi lewat cabang juga diperkirakan akan semakin berkurang. Oleh karena itu, perbankan sudah mulai mengubah konsep jaringan kantornya menyesuaikan perkembangan digital agar bisa lebih efisien. 

Di PT Bank Mandiri Tbk misalnya, transaksi ritel lewat e-channel sudah lebih dari 96% per kuartal III 2021. Sementara transaksi ritel sudah lebih 98% dilakukan lewat digital. Transaksi lewat Livin misalnya melesat 62,5% secara YoY menembus 696,2 juta dengan nilai Rp1.152,5 triliun atau tumbuh 55,8% yoy.

"Secara persentase transaksi dari jaringan kantor (non e-channel) relatif menurun seiring dengan semakin banyaknya nasabah bertransaksi lewat e-channel," kata SVP Transaction Banking Retail Sales Bank Mandiri kepada Kontan.co.od, Selasa (16/11).

Baca Juga: BPKH jadi pengendali Bank Muamalat dengan kuasai 78,45% saham

Thomas mengatakan, Bank Mandiri akan mengarahkan peran kantor cabangnya ke depan untuk fokus pada pelayanan kepada nasabah seperti informasi dan penawaran produk baru, konsultasi produk dan layanan perbankan, dan kegiatan perbankan lainnya. Sedangkan transaksi finansial diharapkan dapat mulai beralih ke Self-service Machine dan digital  channel.

Dengan perkembangan digitalisasi, Bank Mandiri akan mengubah format jaringan kantor ke depan untuk menjawab kebutuhan akan kecepatan, ketepatan dan kehandalan dalam bertransaksi.  Kantor cabang masa depan ini akan mampu mengintegrasikan seluruh layanan baik melalui channel Branch, Self-service Machine, Digital Channel, Remote Channel maupun channel lainnya. 

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) juga mencatat penurunan transaksi lewat cabang walaupun volumenya masih cukup besar. Santoso Liem, Direktur BCA mengatakan, frekuensi transaksinya per September 2021 mencapai 78 juta atau turun 14,2% YoY dengan nilai Rp 9.413 triliun atau naik 2,2% YoY. 

BCA telah melayani lebih dari 26 juta rekening nasabah selama periode itu dan memproses sekitar 46 juta transaksi setiap harinya yang didukung oleh 1.237 kantor cabang. Komposisi transaksi lewat cabang di bank ini sudah tinggal 0,5% dari total transaksi.

Mayoritas transaksi di BCA sudah dilakukan secara digital atau mencapai 88%. Sementara porsi transasi ATM sekitar 11,5% karena orang masih membutuhkan transaksi tunai untuk tarik setor. 

Direktur Utama BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan, meskipun pembukaan rekening mayoritas sudah dilakukan lewat online namun masih tetap masih tetap ada permintaan untuk buka akun lewat cabang. Selain itu, kebutuhan cabang dibutuhkan untuk bertemu petugas relation manager.  "Ini menunjukkan bahwa  cabang masih dibutuhkan meskipun nasabah yang datang tidak sesering sebelum adanya digital," ujarnya.

Dia menambahkan, jumlah kantor cabang BCA saat ini tidak sebanyak bank pelat merah yakni hanya mencapai 1.237 kantor. Menurutnya, ini masih sejalan dengan kebutuhan nasabah. 

Hanya saja, BCA akan tetap melakukan penataan jaringan kantornya. Pada daerah yang potensial, perseroan akan tetap akan membuka jaringan kantor. Namun, pada beberapa area yang sudah dapat tercover jaringan cabang terdekat lainnya akan dilakukan relokasi atau penutupan.

Transaksi e-channel BCA terutama mobile banking dan internet banking tumbuh signifikan masing-masing  55% YoY dari menjadi 2,64 miliar dan 29% YoY menjadi 1,09 miliar.

Baca Juga: Begini strategi BRI fokus menggarap segmen UMKM pada tahun 2022




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×