kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 -0,95%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Transaksi Melalui Mesin EDC Bakal Meningkat Pesat di Momen Libur Nataru


Kamis, 14 Desember 2023 / 20:34 WIB
Transaksi Melalui Mesin EDC Bakal Meningkat Pesat di Momen Libur Nataru
ILUSTRASI. Agen program Laku Pandai Bank BNI atau Agen46 menggunakan mesin EDC untuk mengisi kartu uang elektronik?TapCash.


Reporter: Nurtiandriyani Simamora | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID-JAKARTA. Transaksi perbankan melalui mesin electronic data capture (EDC) menjelang momen liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) mengalami peningkatan. 

Seiring dengan aktivitas kebutuhan konsumtif masyarakat yang cenderung meningkat jika dibandingkan dengan periode pada bulan-bulan sebelumnya.

Direktur Digital and Integrated Transaction Banking PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) atau BNI Corina Leyla Karnalies memproyeksikan, sama seperti tahun-tahun sebelumnya menjelang Nataru terdapat peningkatan transaksi EDC sebesar 12% dibanding bulan-bulan sebelumnya.

Corina mengatakan, BNI telah melakukan persiapan dan memastikan bahwa channel-channel pembayaran khususnya di sepanjang jalur mudik dan rest area dapat digunakan. Terutama merchant tertentu yakni SPBU, FnB, resto, dan tempat penjualan oleh-oleh.

Baca Juga: Jelang Liburan Natal dan Tahun Baru, Bank Mandiri Siapkan Dana Tunai Rp 23 Triliun

"Demikian pula tempat wisata dan mitra-mitra ritel kerjasama BNI dipastikan dapat melayani kebutuhan transaksi para nasabah, kalau dibandingkan frekuensi transaksi EDC tahun 2023 dengan tahun 2024 akan tumbuh sebesar 17,5%," kata Corina kepada Kontan.co.id, Kamis (14/12).

Corina juga merinci, saat ini jumlah EDC BNI ada sebanyak lebih dari 300.000. "Kami akan fokus peningkatan produktivitas merchant dimana tahun depan ditargetkan akuisisi merchant baru sebanyak 40 ribu merchant," kata dia.

Senada, EVP Secretariat and Corporate Communication PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) atau BCA Hera F Haryn memproyeksikan adanya kenaikan jumlah transaksi menjelang momen libur Nataru, termasuk transaksi perbankan dengan menggunakan EDC.

Hal ini sejalan dengan aktivitas perekonomian serta mobilitas masyarakat yang diperkirakan akan meningkat di masa tersebut.

Hera merinci, hingga sebelas bulan pertama tahun 2023, transaksi EDC yang diproses melalui sistem BCA tercatat mencapai 947 juta transaksi, meningkat 24% secara year-on-year (YoY).

Baca Juga: Erajaya Digital Resmikan Erafone and More di EDC, Tawarkan Kemeriahan & Promo Menarik

"BCA berkomitmen memberikan layanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan nasabah maupun mitra di momen liburan Nataru tahun ini. Kami berfokus untuk senantiasa memastikan hadirnya platform perbankan transaksi yang aman dan andal," kata dia kepada Kontan, Kamis (14/12).

Hera mengatakan, BCA akan senantiasa memberikan layanan prima bagi nasabah dan merchant di Tanah Air. BCA juga akan terus berinvestasi untuk ratusan ribu mesin EDC.

Hingga November 2023, BCA mencatatkan jumlah mesin EDC sebanyak lebih dari 690 ribu unit, yang tersebar pada lebih dari 580 ribu merchant di berbagai wilayah Indonesia. Jumlah ini meningkat sebesar 2% YoY. 

"BCA juga telah mengimplementasikan transaksi contactless pada EDC Android (APOS), yang menawarkan flow transaksi yang lebih seamless menggunakan layar sentuh," terang Hera.

Baca Juga: Bank Siapkan Dana Tunai Lebih Besar untuk Nataru

Direktur IT dan Digital PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) atau BTN Andi Nirwoto mengatakan, momen libur nataru selalu memberikan kesan bagi warga masyarakat untuk berlibur dan bepergian bersama keluarga, sama halnya dengan momen Liburan Lebaran.

Andi merinci, sebelumnya pada periode libur Nataru 2022 telah terjadi peningkatan jumlah transaksi di EDC hingga mencapai 40% jika dibandingkan dari periode bulan normal. 

"Kami perkirakan periode nataru 2023 ini jumlah transaksi dan sales volume EDC meningkat lebih dari 50% dibanding periode normal mengingat saat ini roda ekonomi dan aktivitas masyarakat lebih baik dibanding tahun 2022," kata Andi kepada Kontan.co.id.

Adapun frekuensi atau jumlah transaksi EDC BTN per November 2023 tumbuh 84% YoY atau mencapai 3,79 juta transaksi dengan sales volume mencapai pertumbuhan 65% YoY.

Baca Juga: BTN Siapkan Uang Tunai untuk Momen Nataru Senilai Rp 19,68 Triliun

Melihat perkembangan ekonomi dan history transaksi EDC, serta adanya subtitution payment melalui QRIS, Andi memperkirakan pertumbuhan transaksi dan sales volume EDC tahun depan masih tetap tinggi di kisaran yang sama.

"Kami masih melihat EDC sebagai bisnis payment yang menguntungkan secara pendapatan dan menjaga branding BTN sebagai bank papan atas, untuk itu kami akan fokus ke penambahan merchant EDC sebanyak kurang lebih 20.000 akuisisi merchant baru yang berkualitas," kata dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×